ANALISIS COST VOLUME PROFIT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UKM BALIKPAPAN

Authors

  • Siti Rahmayuni Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan
  • Risky Masmuddin Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.438

Keywords:

Break Even Point, UKM, Profit, Cost, Volume

Abstract

Perkembangan akan dunia usaha sungguhlah pesat, seiring perkembangan pesat tersebut persaingan makin meningkat, baik perusahaan yang bergerak pada usaha kecil menengah maupun perusahaan yang go public, Usaha yang harus dilakukan dalam mengatasi hal tersebut adalah membuat perencanaan laba, Perencanaan laba memiliki hubungan yang erat dengan volume penjualan, hasil penjualan, biaya produksi serta biaya operasi perusahaan. Analisis biaya volume laba akan memudahkan perusahaan dalam menentukan target pendapatan dan jumlah biaya yang dikeluarkan dalam upaya mencapai laba yang telah ditentukan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk merencanakan laba dengan menggunakan Analisis Biaya-Volume-Laba pada UKM Balikpapan, Untuk mengetahui berapa penjualan yang harus dipertahankan UKM agar tidak mengalami kerugian, metode penelitian ini menggunakn metode pengumpulan data yang didapat melalui observasi dan wawancara serta metode pengolahan data dengan mengumpulkan data mulai dari bahan baku sampai dengan gaji karyawan dan menghitungnya untuk mendapatkan seberapa besar Break Event Poin yang harus didapat, penghitungan Break Even Poin yaitu total revenue dan total cost harus sama, atau dapat juga dihitung dengan rumus Fixed Cost dibagi price dikurangi Variabel Cost, pada pembahasan penelitian didapat beberapa penghitungan Break Event Poin yaitu menghitung titik impas pada jumlah unit, kemudian jumlah rupiah agar para pemilk usaha mengetahui seberapa besar modal yang harus dikeluarkan dan seberapa besar penjualan yang harus dilakukan, adapun hasil penelitian ini adalah Untuk mengembalikan modal usaha maka setiap pengusaha UKM dengan menjual barang produksinya atau barang dagangannya berdasarkan jumlah yang ditentukan dan dapat menargetkan laba yang dinginkan, Dan dengan haasil penelitian ini didapat beberapa UKM yang mengalami peningkatan pada pendaptannya sehingga berpengaruh terhadap laba

References

Blocher., Edward J. Stout., David E dan Cokins., Gary, 2011. Manajemen Biaya. Edisi Kelima. Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta
Carter, William.K, dan Milton F. Usry, 2016. Akuntansi Manajemen. PT. Rajagravindo Persada. Jakarta
Dewi, Ardina, Suardani, .2018. Cost-Volume-Profit (CVP) Analysis as a Profit Planning of Tour Packages at PT Tour East Indonesia, Denpasar. Journal of Applied Sciences in Accounting, Finance, and Tax, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-13
Enkeleda .2018. Role of Analysis CVP (Cost-Volume-Profit) as Important Indicator for Planning and Making Decisions in the Business Environment European Journal of Economics and Business Studies p 104
Ekergil .2017. cost-volume-profit analysis on the basis of the product mix generated by each customer's Journal of Business Research-Türk. P 488
Hongren, Charles T., Datar, Srikant M., dan Foster, 2018. Akuntansi Biaya Penekanan Manajerial, Jilid 1. Edisi Kesebelas. Indeks. Jakarta
Ihemeje .2015. Cost-volume-profit Analysis and Decision Making in the Manufacturing Industries of Nigeria Journal of International Business Research and Marketing p 7-15
Kasmir. 2010. Aanalisis Laporan Keuangan.ed.2. Yogyakarta: BPFE Group
Mulyadi, 2010. Akuntansi Biaya. Edisi Empat. BPFE. Yogyakarta
Seung 2015. Cost-Volume-Profit Analysis for a Multi-Product Company: Micro Approach International Journal of Accounting and Financial p23
Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Rahmayuni, S. and Masmuddin, R. (2019) “ANALISIS COST VOLUME PROFIT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UKM BALIKPAPAN”, Sebatik, 23(1), pp. 15–19. doi: 10.46984/sebatik.v23i1.438.

Issue

Section

Articles