ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT SERASI AUTORAYA (TRAC) SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.440Keywords:
Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan,, Regresi Linier BergandaAbstract
Peralatan transportasi telah menjadi salah satu prioritas masyarakat dalam melaksanakan setiap kegiatan perjalanan, baik individu maupun kelompok, sehingga TRAC telah memperhatikan kualitas layanan untuk terus meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap layanan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas palanggan di PT. Serasi Autoraya . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan metode analisis regresi linier berganda dengan kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden dengan karakteristik responden aktif sewa lebih dari atau sama dengan 6 bulan. Ada 5 variabel untuk menilai kualitas layanan dalam penelitian ini, yaitu x1 (bukti fisik), x2 (keandalan), x3 (responsif), x4 (jaminan) dan x5 (empati).
References
Ariffin, H. F., Abdullah, R. P. S. R. and Bibon, M. F. 2012. ‘Assessing Service Quality: Prayer’s Perspective’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 36(June 2011), pp. 511–519. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.03.056.
Fajar Kusumo Putro, R. 2009. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi ( Studi pada Pelanggan)’, Ekonomi Manajemen.
George, D. K. and Xia, C. H. 2011. ‘Fleet-sizing and service availability for a vehicle rental system via closed queueing networks’, European Journal of Operational Research. Elsevier B.V., 211(1), pp. 198–207. doi: 10.1016/j.ejor.2010.12.015.
Kranias, A. and Bourlessa, M. 2013. ‘Investigating the Relationship Between Service Quality and Loyalty in Greek Banking Sector’, Procedia Economics and Finance. Elsevier B.V., 5(13), pp. 453–458. doi: 10.1016/S2212-5671(13)00053-1.
Monjelat, N. et al. 2018. ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pengguna Oppo Smartphone The Influence Of The Marketing Mix To The Loyalty Of Oppo Smartphone Users’, Director, 15(2), pp. 2017–2019. doi: 10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178.
Rasheed, F. A. and Abadi, M. F. 2014. ‘Impact of Service Quality, Trust and Perceived Value on Customer Loyalty in Malaysia Services Industries’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 164(August), pp. 298–304. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.11.080.
Sari, mitha destika. 2014. ‘pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen cafe d’puncak di samarinda’.
Yeo, G. T., Thai, V. V. and Roh, S. Y. 2015. ‘An Analysis of Port Service Quality and Customer Satisfaction: The Case of Korean Container Ports’, Asian Journal of Shipping and Logistics. Elsevier B.V., 31(4), pp. 437–447. doi: 10.1016/j.ajsl.2016.01.002.
Zakaria, I. et al. 2014. ‘The Relationship between Loyalty Program, Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Retail Industry: A Case Study’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 129, pp. 23–30. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.03.643.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article