EVALUASI E-LEARNING STMIK SENTRA PENDIDIKAN BISNIS AIRLANGGA SAMARINDA

Authors

  • Abdul Hamid Kurniawan Teknik Listrik, Politeknik Negeri Samarinda
  • Tunggul Butar Butar Sistem Informasi, STMIK Sentra Pendidikan Bisnis Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.445

Keywords:

E-learning, Sistem Informasi, Pengujian Beta

Abstract

Electronic learning atau e-learning merupakan model pembelajaran baru serta inovasi dalam perkuliahan yang dihasilkan dari pemanfaatan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. E-learning merupakan salah satu cara melakukan inovasi pembelajaran yang efektif dan sudah banyak diterapkan di beberapa perguruan tinggi terutama di STMIK Pendidikan Bisnis Airlangga. Bagi dosen dan mahasiswa e-learning sangat membantu dalam proses pembelajaran dikarenakan e-learning diterapkan secara online sehingga proses pembelajaran dapat tetap berlangsung kapan saja dan dapat diakses dimana saja oleh dosen dan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar bagi mahasiswa. Sejauh ini penggunaan e-learning mengalami hambatan dosen dan mahasiswa yang memanfaatkan e-learning dalam proses masih sangat sedikit dikarenakan. Hal ini dikarenakan penggunaan E-learning (dosen dan mahasiwa) pada STMIK Pendidikan Bisnis Airlangga masih belum terbiasa menggunakaan sistem E-learning. Dari permasalahan tersebut maka Sistem E-learning pada STMIK Pendidikan Bisnis Airlangga perlu dievaluasi sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran. Pada tahap pengujian e-learning akan dievaluasi dengan menggunakan pengujian beta agar fungsi dan kegunaan dapat terlihat dengan baik dan efektif, sehingga e-learning dapat dinilai atau diukur manfaat yang didapatkan STMIK Pendidikan Bisnis Airlangga setelah menerapkan e-learning.

References

Susilowati, E. B. and Ashari A, 2013, Julys. Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web, IJCCS, Vol.7, No.2, July 2013, pp. 199~208.
Bariah, S. H. and Imania K. A. N, 2017, December. Pengembangan evaluasi dan penugasan online berbasis E-learning dengan moodle pada mata kuliah media Pembelajaran ilmu komputer, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(3).
Hanum, N.S., 2013. Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Isa, I. G. T. and Hadiana, A., 2017. Implementasi Kansei Engineering dalam Perancangan Desain Interface E-Learning Berbasis web, JusTISI, Volume 3 Nomor 1 April 2017.
Pamugar, H., Winarno, W. W. and Najib, W. 2014. Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah, Scientific Journal of Informatics Vol. 1, No. 1, Mei 2014.
Safii, M. and Vidy, V. 2017. Perancangan Sistem Informasi Badan Penjaminan Mutu Internal STMIK Balikpapan Berbasis Website Responsive, Sebatik, 18(1), pp. 10-16
Sari, B.K., 2015. Evaluasi Penyelenggaraan E-Learning Dalam Pembelajaran Di SMA Negeri Aro Semarang (doctoral dissertation, universitas negeri semarang).
Poluan, F., Lumenta, A. and Sinsuw. A. 2014. Evaluasi Implementasi Sistem E-Learning Menggunakan Model Evaluasi Hot Fit Studi Kasus Universitas Sam Ratulangi, E-journal Teknik Informatika, Volume 4, No. 2 (2014).
Divayana, D. G. H. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Blended Learning Di Smk TI Udayana Menggunakan Model CSE-UCLA, Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 7, No 1, Februari 2017 (64-77).

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Kurniawan, A. H. and Butar, T. B. (2019) “EVALUASI E-LEARNING STMIK SENTRA PENDIDIKAN BISNIS AIRLANGGA SAMARINDA”, Sebatik, 23(1), pp. 65–71. doi: 10.46984/sebatik.v23i1.445.

Issue

Section

Articles