ONLINE LEARNING DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL (STUDI KASUS PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH)
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.449Keywords:
Pendidikan Jarak Jauh, Internet, Teknologi Informasi, Online Learning, Literasi DigitalAbstract
Layanan pembelajaran pada sistem pendidikan jarak jauh mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi (TI), salah satunya adalah pembelajaran secara online (online learning). Sistem online learning memudahkan pembelajar mengakses sumber belajar dari mana pun, dapat menjangkau peserta lebih luas, serta dapat meningkatkan kadar interaksi bahan pembelajaran. Sistem tersebut juga dinilai akan menghasilkan lulusan bermutu yang ukurannya dilihat dari kemampuan untuk mengaktualisasikan daya intelektualitas dalam menggali ilmu pengetahuan dan mengembangkannya, serta keterampilan menggunakan teknologi. Dari layanan online learning yang dilaksanakan oleh Universitas Terbuka menunjukkan bahwa layanan pembelajaran secara on line tidak serta merta mendapat respons yang signifikan. Di sisi lain data menunjukkan penetrasi pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 143,26 juta orang. Gambaran ini menunjukkan banyaknya pengguna internet di Indonesia belum sebanding dengan peningkatan jumlah orang yang mau memanfaatkan TI untuk pembelajaran. Makalah ini membahas apakah ada keterkaitan antara keterampilan on line learning dengan kompetensi literasi digital. Metode pembahasan dilakukan dengan analisis kualitatif berdasarkan pada studi pustaka. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa TI lebih banyak dimanfaatkan sekedar untuk berselancar di dunia maya, daripada untuk pembelajaran.
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Diakses dari
https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf pada tanggal 25 Maret 2019.
Bawden. 2001. Information and digital literacy: a review of concepts. Journal of Documentation, 57(2),218-259
Depdiknas. 2005. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas.
Gilster. 1997, Digital Literacy. New York: Wiley.
Goodfellow, R. 2011. Literacy, literacies and the digital in higher education. Teaching in Higher Education, 16 (1), 131-144.
Hasugian J. 2011. Perpustakaan digital dan digital natives. Disampaikan pada Seminar dan Workshop Nasional Pemberdayaan Repositori. 1 Desember 2011. Medan: Universitas Nommensen.
Keegan, D. 1980. On defining distance education. Distance Education.
Laporan Kerja Tahunan Rektor Universitas Terbuka. 2017
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda karya
Mclsaac Dan Gunawardena. 2009. Jurnal Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. Xii, (2012) .
Meyers, E.M., Ingrid, E., & Ruth, V.S. 2013. Digital literacy and informal learning environments: an introduction. Learning, Media and Technology, 38 (4), 355-367.
Ng, W. 2012. Can we teach digital natives digital literacy?. Computers & Education, 59, 1065-1078.
Nugroho, Atmoko. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web (Model Development of Web-based Distance Learning). Jurnal Transformatika, Volume 9, No. 2, Januari 2012:73
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Padmo dan Belawati. 2015. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Universitas Terbuka di Era Informasi. Tangerang: Universitas Terbuka.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Sari, Indah Purnama. 2017. Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning Menggunakan Claroline. Research and Development Journal Of Education Vol. 4 No. 1 Oktober 2017. ISSN 2406-9744
Sinar, TEA. 2015. Perkembangan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi UT dalam Universitas Terbuka di Era Informasi. Tangerang: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article