PENGARUH E-MONEY DAN E-COMMERCE TERHADAP TINGKAT INFLASI

Authors

  • Siti Rahmayuni Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan

Keywords:

E Money, E Commerce, Inflasi

Abstract

Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, baik itu gaya hidup maupun ekonomi, dimana banyaknya bermunculan e money seperti kartu kredit dan aplikasi aplikasi pendukung e money, dan e commerce seperti shopee, tokopedia dan lainnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e money dan e commerce terhadap tingkat inflasi, metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dan sample sebanyak 50 responden. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan regresi linear bergandadengan hasil penelitian menujukkan dengan uji F ditemukan bahwa E Money dan E Commerce berpengaruh terhadap inflasi dengan nilai 3,39 dan nilai koefisien 0.153 dan pada uji t E-Money menunjukkan nilai signifikan dengan jumlah nilai 13,28>3,88 serta signifikan 0,000<0,0005 dan pada E-Comerce dengan nilai 63,1 dengan nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu sebesar 0,499 dan uji t pada E-Commerce menunjukan nilai thitung lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu 7,123 > 2,040 serta nilai Sig. 0,000 < 0,05, pengaruh tersebut dapat dijadikan kebijakan bagi Bank Indonesia untuk mengantisipasi tingkat inflasi yang bertambah dengan adanya E-money dan E-comerce

References

A.H.G.M. Spithoven, 1995. "Human capital inflation and unemployment", International Journal of Social Economics, Vol. 22 Issue: 5, pp.4-14
Calson-Ohman, Frida .2018. The Effect Of Increased E-Commerce On Inflation Sodertorn University, School of Social Sciences, Economics

Nastiti, Nisaulfathona, dkk .2017. Analisis Pengaruh Instrumen Pembayaran Nontunai Terhadap Stabilitas Sistem Keuangan Di Indonesia. Universitas Diponegoro
Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/Pbi/2018 Tentang Uang Elektronik. https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistem pembayaran/Pages/PBI-200618.aspx. (diakses tanggal 01 Nopember 2018)
State of eCommerce Asia Tenggara. 2017 .https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce
Sukirno, Sadono. 2008. Makroekonomi Teori Pengantar. Edisi ketiga. Jakarta: P.T Raja Granfindo Persada
Sugiono, 2017 Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Sutawijaya (2012) Pengaruh Faktor-Faktor Ekonomi Terhadap Inflasi Di Indonesia Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 8, Nomor 2, September 2012, 85-101

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Rahmayuni, S. (2019) “PENGARUH E-MONEY DAN E-COMMERCE TERHADAP TINGKAT INFLASI”, Sebatik, 23(1), pp. 148–152. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/460 (Accessed: 14 November 2024).

Issue

Section

Articles