PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI

Authors

  • Tacbir Hendro Pudjiantoro Jurusan Informatika, Fakultas Sains dan Informatika
  • Irma Santikarama Jurusan Informatika, Fakultas Sains dan Informatika
  • Herdy Ashaury Jurusan Informatika, Fakultas Sains dan Informatika

Keywords:

Sistem Informasi, Tingkat Kesiapan, Teknologi Informasi, STOPE, Pemetaan

Abstract

Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) adalah salah satu perguruan tinggi yang terletak di kota Bandung. UNJANI sudah mengunakan sistem informasi akademik berbasis komputer secara terpusat. Sistem informasi yang digunakan tersebut sudah disosialisasikan kepada para penggunanya, hal ini dilakukan oleh UNJANI karena dirasakan sudah waktunya semua sistem yang ada dirubah menggunakan bantuan teknologi informasi. Namun demikian, belum semua sumber daya yang ada di UNJANI mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang sama dalam menggunakan sistem informasi berbasis teknologi informasi. Pengukuran pengetahuan dan kemampuan teknologi informasi atau biasa dikatakan tingkat kesiapan yang dimiliki oleh sumberdaya yang ada di UNJANI, dapat dilakukan dengan menggunakan framework STOPE (Strategy, Technology, Organization, People, dan Environtment), yang akan menunjukan tingkat kesiapaan UNJANI dari sisi-sisi strategi teknologi informasi, teknologi yang digunakan, organisasi, sumber daya manusia, dan lingkungan bisnis pada UNJANI. Hasil dari penelitian dapat digunakan untuk pemetaan kemampuan sumberdaya yang ada di UNJANI, dengan pemetaan ini dapat di identifikasi masing-masing unit yang memerlukan pengetahuan dan kecakapan tambahan atau hanya sekedar penyegaran. Kondisi tersebut dapat membantu pihak manajamen UNJANI, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumberdaya manusia UNJANI dalam teknologi informasi

References

Al-Osaimi, K., Alheraish, A., & Bakry, S. 2006. An Integrated STOPE Framework for e-Readiness Assessment. 18th National Computer Conference
Alfantookh, Abdulkader A, Al-Hazmi, Khaled M., Bakry. 2008. Assessment Indicators for Information Technology in Higher Education Institutions: A STOPE Approach, Asian Journal of Information Management, 1-13.
Azab N.A, Kamel Sherif; Dafoulas Georgios. 2009. A Suggested Framework for Assessing Electrinic Government Readiness id Egypt. Electronic Journal of E-Government, 11-28.
Faozi Septikhtiarif, Sri Handayaningsih. 2017. Pengukuran E-Readiness Menggunakan Framework Stope Pada Proses Pengajuan Cuti Akademik Perguruan Tinggi. Procedng Annual research Seminar, 173-177.
Hari Susanto, A. S. 2004. Pendekatan Framework STOPE untuk Kesiapan Pengalihan PBB pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Gunungkidul. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 49-56.
Latif, A., Wahyu, W., & Surjono. 2012. Penilaian E-Audit Readiness dengan Pendekatan Framework STOPE pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 01.
Parasuraman, A. (n.d.). Technology Rediness Index (TRI) a multiple-item scale to measure rediness to embrace new technology. Journal of Service Research, 2, 307-320.
Saleh, Mohamed S, Alfantookh, Abdulkader, 2011. A new comprehensive framework for enterprise information security risk management, Jurnal Applied Cyomputing and Informatics, King Saud University, 107-118.
Saleh, Mohamed S, Bakry, Abdullah Alrabiah and Saad Haj, 2007, A STOPE model for the investigation of compliance with ISO 17799-2005, Information Management &Computer Security, 183-294
Setyawan, W. M., Winarno, W. W., & Luthfi, E. T. 2016. Evaluasi Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Penerapan Sistem Informasi Akademik. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, 52-60.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Pudjiantoro, T. H., Santikarama, I. and Ashaury, H. (2019) “PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI”, Sebatik, 23(1), pp. 158–164. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/462 (Accessed: 19 April 2024).

Issue

Section

Articles