POTRET KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PADA PERKULIAHAN SEMINAR PENDIDIKAN JASMANI

  • Jacob Jackson Shealelo Antunes Luan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana
  • Jusuf Blegur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana
Keywords: Kecerdasan Emosional, Emotional Intelligence, Kematangan Emosional, Seminar, Pendidikan Jasmani

Abstract

Umumnya masyarakat beranggapan bahwa IQ merupakan suatu kecerdasan yang paling penting dan selalu menjadi tolak ukur dalam kecerdasan seorang individu dalam meraih keberhasilan pembelajaran. Namun kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan hasil belajar mahasiswa, tetapi terdapat faktor lain yang bahkan paling dominan menentukan keberhasilan yaitu kecerdasan emosional (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kecerdasan emosional mahasiswa. Responden yang terlibat adalah mahasiwa PJKR semester VI tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 62 orang. Data dikumpulkan menggunakan TEIQue-ASF (Trait Emotional Intelligence Questionnare-Adoloscence Short Form) yang dikembangkan oleh Petrides, Sangereau, Furnham, dan Frederikson pada tahun 2006. Hasil penelitian menunjukkan responden yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang sangat baik berjumlah 3 orang (4,8%), baik berjumlah 58 orang (93,3%),cukup berjumlah 1 orang (1,6%). Sedangkan tidak ada responden yang memiliki kecerdasan emosional pada golongan kurang dan buruk (0%). Dengan demikian kecerdasan emosional mahasiswa tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anand, R., & UdayaSuriyan, G. 2010. Emotional Intelligence and its Relatinship with Leadership Practice. International Journal of Business and Management, 5(2), 65-76.
Andriani, A. 2014. Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Edukasi, 2(1), 459-472.
Anggara, D. S. & Kartiko, D. C. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Lay-Up Bola Basket: Studi Pada Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 41-45. Retrieved from: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2792
Blegur, J. & Wasak, M. R. P. 2017. Permainan Kecil: Teori dan Aplikasi. Kupang: Jusuf Aryani Learning.
Blegur, J. 2017. Eksplorasi Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Mediasi Metode Mengajar. Seminar Hasil Penelitian Pendidikan Pemberdayaan Hasil Penelitian melalui Seminar (hal. 140-150), 21 Januari, Jakarta, Indonesia.
Blegur, J., Wasak, M. R. P., & Pabala, P. 2018. Students’ Academic Self-Concept: A Founding Strategy in Learning Process. International Journal of Indian Psychology, 6(4), 44-54. https://ijip.in/article-details/?dip=18-01-046-20180604
Daud, F. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 243-255. Retrieved from: http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475
Dewi, N. W. B. S., Kristiantari, M. G. R., & Negara, I. G. A. O. 2014. Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1). 1-10. Retrieved from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3065
Ely, M. H. 2016. Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1-16. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1168
Erindra, B. C. & Qurniyawati, E. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi D IV Kebidanan FK UNS. Wacana: Jurnal Psikologi, 2(2), 1-15. http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/49/49
Eva, L., & Kusrini, M. 2015. Hubungan Kercerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematik, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 245-256. DOI: 10.30998/formatif.v5i3.650
Farooq, M. U., Riaz, K., & Javid, C. Z. 2017. Impact of Emotional Intelligence on Academic Achievement of English Language Learners. Journal of Social Sciences and Humanities, 25(2), 1-33.
Fatchurahman, M., & Pratikto, H. 2012. percayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 77-87. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.27
Gitosarono, M. 2012. Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) dalam Tasawuf. Jurnal Khatulistiwa, 2(2), 182-200. DOI: https://doi.org/10.24260/khatulistiwa.v2i2.206
Gusniwati, M. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, 5(1), 26-41. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Guswani, A. M. 2011. Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 86-92.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, R., Purwanto, Y., & Yuwono, S. 2008. Kecerdasan Emosional, Stres Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 91-95. Retrieved from: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/249
Husdarta, H. J. S. 2015. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Jaya, M. K., Mulyadi, D., & Sulaeman, E. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang. Jurnal Manajemen. 10(1), 1038-1046.
Komalasari, O. 2012. Hubungan antara Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from: http://eprints.ums.ac.id/20319/
Labhane, C. P., & Baviskar, P. A. 2015. Self Concept and Emotional Intelligence: A Comparative Study of Arts and Science College Students. The International Journal of Indian Psychology, 2(2), 84-90.
Magnano, P., Craparo, G., & Paolillo, A. 2016. Resilience and Emotional Intelligence: Which Role in Achievement Motivation. International Journal of Psychological Research, 9(1), 9-20. https://doi.org/10.21500/20112084.2096
Maisaroh & Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Qius Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(2), 157-172. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.571
Marhaeni, N. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar I Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 334-343. Retrieved from: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/955
Mohzan, M. A. M., Hassan, N., & Halil, N. A. 2013. The Influence of Emotional Intelligence on Academic Achievement. Procedia-Social and Behavioral Science, 90(10), 303-312. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.095
Mulyati, S., & Setiani, N. 2018. Indentifying Students’ Academic Achievement and Personality Types with Naive Bayes Classification. Sebatik, 22(2), 64-68. Retrieved from: http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/309
Nwadinigwe, I. P. & Azuka-Obieke, U. 2012. The Impact of Emotional Intelligence on
Academic Achievement of Senior Secondary School Students in Lagos, Nigeria.
Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies, 3(4), 395-401. Retrived from: https://hdl.handle.net/10520/EJC126563
Paramitasari, R., & Alfian, I. N. 2012. Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 1-7.
Petrides, K. V., Sangereau, Y., Furnham, A., & Frederickson, N. 2006. Trait Emotional Intelligence and Children’s Peer Relation at School. Social Development, 15, 537-547. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2006.00355.x
Putri, M. P., Asrori, M., & Astuti, I. 2015. Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-13.
Rahman, A., Sulistiawati, & Arifin, S. 2018. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Teorema, 3(2), 165-176. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1557
Setyowati, A., Hartati, S., & Sawitri, D. R. 2010. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi Pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi, 7(1), 67-77. DOI: https://doi.org/10.14710/jpu.7.1.67-77
Sumiyarsih, W., Mujiasih, E., & Ariati, J. 2012. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Organizational Citizenship Behavorial (OCB) Pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Jurnal Psikologi, 11(1), 19-27. DOI: https://doi.org/10.14710/jpu.11.1.9
Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didakti, 13(2), 384-399.
Widians, J. A., & Saputra, I. A. 2017. Aplikasi Sistem Pakar Skoring Tes IQ menggunakan Alat CFIT. Sebatik, 17(1), 1-5. Retrieved from: http://www.jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/78
Widodo & Widayanti, L. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32-35.
Widodo, B. S. 2008. Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan. http:/bambang-sw.blogspot.com/2008/05/pentingnya-eq.html.
Wulandari, D. 2012. Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMKN 1 Jakarta. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 183-190.
Yakub, S., Gunawan, R., & Halim, J. 2015. Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara I (Persero)Aceh. Jurnal SAINTIKOM, 14(3), 160-170.
Published
2019-06-01
How to Cite
Luan, J. and Blegur, J. (2019) “POTRET KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PADA PERKULIAHAN SEMINAR PENDIDIKAN JASMANI”, Sebatik, 23(1), pp. 195-202. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/469 (Accessed: 14November2019).
Section
Articles