ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DALAM MERAIH ADIPURA KENCANA 2017

Authors

  • Aris Dwi Andrianto Komunikasi Korporat, Magister Ilmu Komunikasi, London School of Public Relation Jakarta

Keywords:

Adipura, Strategi komunikasi, Pemerintah Kota Balikpapan, Persuasi Massa

Abstract

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyelenggarakan program Adipura setiap tahunnya sebagai upaya untuk mewujudkan wilayah Indonesia yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Pemerintah Kota Balikpapan sebagai satu-satunya kota di luar Pulau Jawa kembali meraih penghargaan Adipura Kencana 2017 setelah berhasilmempertahankan penghargaan yang sama sejak tahun 2013. Prestasi ini menambah deretan penghargaan Kota Balikpapan yang pernah juga menyabet gelar sebagai kota terbersih se-ASEAN tahun 2014 dan The Most Lovable Sustainable City 2015 ditengah menggeliatnya pembangunan Kota Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi komunikasi Pemerintah Kota Balikpapan dalam meraih penghargaan Adipura Kencana 2017 dalam meyakinkan, merubah, dan meraih kepercayaan publik Kota Balikpapan. Teori yang digunakan dalam memahami fenomena sosial tersebut adalah teori strategi komunikasi dan teori Propaganda dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mewawancarai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Balikpapan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan strategi komunikasi dan persuasi massa secara proaktif yang dimulai sejak lama dan berjalan secara berkesinambungan, dalam lingkup komunikasi internal dan eksternal, baik formal maupun informal, melalui media-media yang tersedia, termasuk media massa dan internet, untuk mendapatkan dukungan publik Kota Balikpapan dalam program Adipura.

References

Ary, D., Jacobs, L.C., Sorensen, C.K. & Razavieh, A. 2010. Introduction to Research in Education, 8th ed, Belmont, Wadsworh Cengage Learning.
Creswell, J.W. 2016, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, 4th ed, Yogjakarta, Pustaka Pelajar.
Denzin, N.K., & Lincoln, Y.S. 2009, Hand Book of Qualitative Research, Yogjakarta, Pustaka Pelajar.
Dinas Komunikasi dan Informasi Balikpapan (Diskominfo Balikpapan). 2017, Balikpapan Kembali Raih Adipura Kencana, Narwasita Tantra, Kalpataru, dan Adiwiyata Mandiri. Diperoleh dari http://balikpapan.go.id/berita/detail/7385/balikpapa n-kembali-raih-adipura-kencana-nirwasita-tantrakalpataru-dan-adiwiyata-mandiri.
Dinas Lingkungan Hidup Samarinda. 2017, Daftar Kota Peraih Adipura 2017, Diperoleh dari http://dlh.samarindakota.go.id/regulasi/keputusanwalikota/item/172-daftar-kota-peraih-adipura-2017
Effendy, O.U. 2009, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Gregory, A. 2010, Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic Approach, 3rd ed, London, Kogan Page Ltd.
Harrison, K. 2011, Strategic Public Relations: A Practical Guide to Success, South Yarra, Palgrave Mcmillan.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 2016, Pedoman Pelaksanaan Adipura 2016, Diperoleh dari http://www.bandungkab.go.id/uploads/PERMENL HK%20NO%2053%20TAHUN%202016%20TTG%20PEDOMAN%20PELAKSANAAN%20PROGRAM%20ADIPURA.pdf.
Littlejohn, S.W., & Foss, K.A. 2009, Encyclopedia of Communication Theory, New York, Sage Publications.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014, Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook, 3rd ed, California, Sage Publications.
Moleong, L.J. 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Pemkot Balikpapan. 2018, Penghargaan. Diperoleh dari http://balikpapan.go.id/read/1001/penghargaan pada 11 Agustus 2018.
Pemkot Balikpapan. 2018, Selayang Pandang. Diperoleh dari http://balikpapan.go.id/read/98/selayangpandang pada 11 Agustus 2018.
Pemkot Balikpapan. 2018, Sejarah – Walikota dari Masa ke Masa. Diperoleh dari http://balikpapan.go.id/read/46/sejarah pada 11 Agustus 2018.
Rochmah, N.J. 2012. Analisis Strategi Komunikasi External Lembaga Penyiaran Publik untuk Menguatkan Reputasi di Mata Masyarakat : Studi Deskriptif Kualitatif pada Radio Republik Indonesia (Master thesis), Jakarta, Univesitas Indonesia.
Samsuriyadi. 2017, Strategi Pemerintah Kota Bintan dalam Meraih Penghargaan Adipura tahun 2015. (Undergraduate Thesis, Universitas Maritim Raja
Ali Haji, Tanjung Pinang), Diperoleh dari http://jurnal.umrah.ac.id/wpcontent/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2017/02/EJurnal.pdf.
Septiana, I. 2016, Evaluasi Strategi Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Mempertahankan Adipura tahun 2014-2015, Jom Fisip 3(2):1 – 14.
Smith, R.D. 2013, Strategic Planning for Public Relations, 4th ed, New York, Routledge.
West, R., & Turner, L,H, 2010, Introducing Communication Theory: Analysis dan Aplication, 4th ed, New York, McGraw-Hill

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Andrianto, A. D. (2019) “ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DALAM MERAIH ADIPURA KENCANA 2017”, Sebatik, 23(1), pp. 263–270. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/478 (Accessed: 25 November 2024).

Issue

Section

Articles