SISTEM INFORMASI SEWA KAPAL BERBASIS VISUAL BASIC (VB) PADA PT. PELAYARAN DUTA LINTAS SAMUDERA CABANG SAMARINDA

Authors

  • Ita Arfyanti STMIK Widya Cipta Dharma
  • Azahari Lathyf STMIK Widya Cipta Dharma
  • Henny Afrida STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Sistem, Informasi, Sewa Kapal Berbasis VB 6.0

Abstract

PT. Duta Lintas Samudera Samarinda adalah merupakan salah satu instansi yang bergerak dalam bidang jasa. Sampai saat ini pengolahan data Sewa Kapal masih dilakukan dengan cara manual dan menggunakan perangkat komputer dengan pengolahan data laporan menggunakan aplikasi Ms. Excel.

Metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi metode pengumpulan data yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah metode waterfall terdiri dari perencanaan sistem, analisis sistem, desain sistem, penerapan sistem, dan perawatan sistem. Dengan bantuan tools seperti flow of document (FOD), data flow document (DFD), hierarchy input proses output (HIPO), Dan Entiti Relation Of Documen (ERD), tstruktur database dan desain input output program.

Penelitian ini menghasilkan suatu Sistem Informasi Sewa Kapal Berbasis VB yang dapat Digunakan oleh Administrasi, Aktivitas yang dapat dilakukan dengan sistem ini meliputi penyewaan kapal, dan beberapa laporan.

Sistem ini dikembangkan dengan pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan databasenya dibangun dengan menggunakan MySQL, karena kebutuhan yang selalu berkembang, maka kekurangan pada sistem ini nantinya dapat diperbaiki pada pengembangan sistem selanjutnya.

References

Director Jenderal Perhubungan Laut 2003, Konsep Dasar Perkapalan di Indonesia, Pelindo Jakatra.

G.R. Terry Organisasi Perusahaan, ”balal Pustaka, :Jakarta1994.

Jogiyanto, HM, 2003, Analisis & Disain Sistem Informasipendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.

Jogiyanto, HM, 2003, Analisis & Disain Sistem Informasi Andi Offset, Yogyakarta

Kamus besar bahasa Indonesia, 2003, Balai Pustaka, Jakarta.

Jhanner Silalahi 2010, AP BP3IP STMT Trisakti angkatan X Kinerja Operasional, Blogspot .Com

Jogianto HM, 2009, Visual Basic sebagai alat kendali peralatan Elektronik, Penerbit, Andi Offset, Yogyakarta.

Kadir Abdul 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset,Yogyakarta.

Koesnoen 2009, Undang-Undang Hukum , KUHD Pasal 320. Jakarta

Downloads

Published

2018-02-26

How to Cite

Arfyanti, I., Lathyf, A. and Afrida, H. (2018) “SISTEM INFORMASI SEWA KAPAL BERBASIS VISUAL BASIC (VB) PADA PT. PELAYARAN DUTA LINTAS SAMUDERA CABANG SAMARINDA”, Sebatik, 7(1), pp. 26–31. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/57 (Accessed: 20 April 2024).

Issue

Section

Articles