APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v10i1.58Keywords:
Bahasa Indonesia, Adobe Flash CS3, Multimedia, PembelajaranAbstract
Belajar Aplikasi Media Bahasa Indonesia berbasis multimedia, aplikasi yang didesain untuk memperkenalkan Dasar Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu memperkenalkan dasar bahasa Indonesia, menggunakan multimedia yang terdiri dari animasi, suara dan teks sebagai demonstrasi bagaimana menulis surat. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash CS3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tinjauan pustaka, analisis data dan analisis teknologi. Metode analisis dan desain sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur Hierarki dan Storyboard.
References
Chandra, 2012. Action Script Flash CS5 untuk Orang Awam. Palembang : Maxikom
Dewi Ghea Putri Fatma. 2012, Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Widya Cipta Dharma.
Febian, dan Ahfansyah. 2013. Paket Super Lengkap Kurikulum TKA. Jakarta : KAWAHmedia
Madcoms, 2009. Adobe Flash Cs 4 untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pemungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Philipus, Erwin. 2008. 1st Step to be A Designer : Flash. Yogyakarta : Yescom
Saleh, R. 2006. Belajar Desain Adobe Photoshop CS2. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Soetopo, Med Helyantini. 2010. Pintar Membaca. Jakarta : Erlangga For Kids
Soetopo, Med Helyantini. 2010. Pintar Menulis. Jakarta : Erlangga For Kids
Sunyoto, Andi, 2010, Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Aplication. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahana Komputer. 2012. Beragam Desin Game Edukasi Denga Adobe Flash CS5. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Wahana Komputer. 2008. Desain Komik dengan CorelDRAW X4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahana Komputer. 2010. Adobe Flash CS5 untuk Membuat Animasi Kartun. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wibhowo, Crhistine dan Sanjaya, Ridwan. 2011. Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan
Teknologi Informatika. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article