APLIKASI PENGAMAN SMS DENGAN METODE KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) 128 BERBASIS ANDROID

Authors

  • Awang H. Kridalaksana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Eka Arriyanti STMIK Widya Cipta Dharma
  • Wahyu Widodo STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

SMS, Enkripsi, Dekripsi, AES, Android

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini telah terjadi perkembangan pesat dalam teknologi telepon seluler. Salah satunya adalah perkembangan dari telepon pintar dengan banyak fitur dan juga sistem operasi yang kompleks serupa dengan sebuah komputer. Walaupun telepon pintar memiliki banyak fitur yang termasuk di dalamnya sistem operasi, tetapi SMS tetap populer untuk digunakan. Fitur SMS yang masih digunakan hingga saat ini, memunculkan pertanyaan tentang keamanan informasi jika seseorang ingin mengirimkan informasi rahasia melalui fasilitas SMS. Kemudahan pertukaran informasi melalui SMS disalahgunakan oleh beberapa orang.

Beberapa orang dengan berbagai cara mencoba untuk mencuri informasi secara ilegal. Oleh karena itu, kita membutuhkan suatu cara untuk mengamankan informasi yang bersifat rahasia dan penting. Proses enkripsi dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat keamanan informasi dan teks pesan SMS. Sekarang, AES (Advanced Encryption Standard) digunakan sebagai standar untuk algoritma kriptografi. Oleh karena itu, ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi SMS dengan enkripsi teks menggunakan algoritma AES. Aplikasi berbasis mobile dibangun pada platform android. Hasil uji menunjukkan bahwa aplikasi dapat menjalankan enkripsi sebuah pesan teks pendek kepada nomor tujuan tertentu dan tidak dapat mendekripsi pesan yang terenkripsi. aplikasi dapat membantu pengguna untuk mengirim pesan singkat dengan aman, cepat, dan mudah.

References

Ariyana, Yoki, 2011. Advanced Encryption Standard (AES). Bandung : PPPPTK IPA Bandung.

Hermawan, Stephanus, 2011. Mudah Membuat Apliaksi Android, Yogyakarta : Andi.

Kurniawan, Yusuf, 2004. Kriptografi Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi, Bandung : Informatika.

Munir, Rinaldi, 2004. Advanced Encryption Standard (AES), Institut Teknologi Bandung.

Pressman, Roger, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Praktisi (Buku I), Yogyakarta : Penerbit Andi & McGraw-Hill Book Co.

Rosidi, R,. I.2004, Membuat Sendiri SMS Gateway (ESME) Berbasis Protokol SMPP. Yogyakarta : ANDI

Sudarmo, Padji M, 2006. Kamus Istilah Komputer, Teknologi Informasi, Jakarta : Yrama Widya.

Talib, Hear, 2005. Panduan Praktis Belajar Komputer, Jakarta : Elek Media Komputindo.

Downloads

Published

2018-02-26

How to Cite

H. Kridalaksana, A., Arriyanti, E. and Widodo, W. (2018) “APLIKASI PENGAMAN SMS DENGAN METODE KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) 128 BERBASIS ANDROID”, Sebatik, 10(1), pp. 8–14. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/59 (Accessed: 29 March 2024).

Issue

Section

Articles