PENGENALAN POLA PERILAKU SEORANG MANUSIA DALAM PERMAINAN SUTEN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN PROPAGASI BALIK

  • Muhammad Irwan Ukkas STMIK Widya Cipta Dharma
  • Awang Harsa Kridalaksana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Tjeng Wawan Cenggoro STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Pengenalan Pola, Pola Perilaku Manusia, Permainan Suten, Jaringan Saraf Tiruan, Propagasi Balik.

Abstract

Jaringan saraf tiruan merupakan suatu paradigma pemrosesan informasi yang mengambil permodelan dari cara kerja jaringan saraf biologi dalam memroses informasi sehingga memiliki kemampuan yang mirip dengan otak manusia. Jaringan saraf tiruan mampu menyelesaikan berbagai masalah yang mengandung ketidak pastian di dalamnya, yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh manusia. Permasalahan tersebut antara lain adalah pengenalan pola.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari metode jaringan saraf tiruan propagasi balik untuk mengenali pola perilaku manusia dalam permainan suten. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi yang menggunakan jaringan saraf tiruan untuk mengenali pola perilaku manusia dalam permainan suten dan efektivitas dari metode jaringan saraf tiruan propagasi balik untuk mengenali pola perilaku manusia dalam permainan suten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadlil, Abdul dan Hidayat, Ikhsan dan Sunardin, 2008, Sistem Pengenalan Wajah Secara Realtime Menggunakan Algoritma Jaringan Saraf Tiruan, http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/881, diakses 3 Oktober 2013.

Fisher, Len, 2008, Rock, Paper, Scissors Game Theory in Everyday Life, New York: Basic Books.

Fowler, Martin, 2005, UML Distilled 3th Ed. Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar, Yogyakarta: Andi Offset.

Hermawan, Arief, 2006, Jaringan Saraf Tiruan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Ichwan, M., 2011, Pemrograman Basis Data Delphi 7 dan MySQL, Bandung: Informatika.

Kusumadewi, Sri, 2004, Membangun Jaringan Saraf Tiruan (Menggunakan MATLAB dan Excel Link),Yogyakarta: Graha Ilmu.

Laurens, Joyce Marcella, 2005, Arsitektur dan Perilaku Manusia, Jakarta: Grasindo.

Muis, Saludin, 2006, Teknik Jaringan Syaraf Tiruan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustafidah, Anifatul, 2009, Peramalan Harga Saham Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan Metode Probabilistik, Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Teknik Informatika, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nugroho, Adi, 2004, Konsep Pengembangan Basis Data, Bandung: Penerbit Informatika.

Nugroho, Adi, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Yogyakarta: Andi Offset.

Poerwadarminta, W.J.S., 2006, Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Priyani, Dian Rizky Eko, 2009, Aplikasi Diagnosa Gangguan Lambung Melalui Citra Iris Mata dengan Jaringan Syaraf Tiruan Propagasi Balik, Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Teknik Informatika,

Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Puspitaningrum, Diyah, 2006, Pengantar Jaringan Saraf Tiruan, Yogyakarta: Andi Offset.

Ramakrishnan, Raghu dan Gehrke, Johannes, 2004, Sistem Manajemen Database, Yogyakarta: Andi Offset.

S., Rosa A., dan Shalahuddin, M., 2011, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung: Modula.

Siang, Jok Jeng, 2005, Jaringan Saraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi Offset.

Simarmata, Janner, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2018-02-26
How to Cite
Ukkas, M., Kridalaksana, A. and Cenggoro, T. W. (2018) “PENGENALAN POLA PERILAKU SEORANG MANUSIA DALAM PERMAINAN SUTEN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN PROPAGASI BALIK”, Sebatik, 12(1), pp. 1-8. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/63 (Accessed: 21October2021).
Section
Articles