SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT BERAT DAN SPAREPARTS PADA PT. HEXINDO MENGGUNAKAN BARCODE

Authors

  • Ita Arfyanti STMIK Widya Cipta Dharma
  • Azahari Lathyf STMIK Widya Cipta Dharma
  • Didin Rosita Arini STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Sistem Informasi, Penjualan, Alat Berat, Spareparts, Barcode

Abstract

Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang berguna. Sistem informasi penjualan alat berat dan spareparts merupakan pengalihan alat berat dan spareparts dengan imbalan uang sebagai gantinya dengan persetujuan untuk menyerahkan barang kepada pihak lain dengan menerima pembayaran. Barcode sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing -masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya. PT. Hexindo Adi Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat berat dan spareparts yang berada di Samarinda Kalimantan Timur.

Penelitian ini dilakukan dalam rangka membangun sistem informasi penjualan alat berat dan spareparts pada PT. Hexindo Adi Perkasa Samarinda menggunakan Barcode. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Sedangkan untuk metode pengembangan sistem alat bantu yang digunakan adalah Flow of Documents, Contex Diagram, Data Flow Diagram, HIPO.

Dengan dibangunnya sistem informasi penjualan alat berat dan spareparts pada PT. Hexindo Adi Perkasa Samarinda ini pengguna dapat memproses data lebih praktis, cepat dan akurat menggunakan perangkat barcode reader.

References

Al Fatta, Hanif, 2007, Analisa dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern, Yogyakarta :Andi

Charles W. Lamb joseph F. Carl Mcdaniel, 2001, Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta

Fathansyah, 2007 , Buku Teks Komputer Basis Data Cetakan Keenam , Bandung : Bi-Obeses

Jogiyanto, 2003 , Analisis dan Desain Sistem Informasi ,Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Marlinda, 2004, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Andi Yogyakarta, Yogyakarta

Mc.leod, 2007, Sistem Informasi Manajemen,Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Rangkuti, Freddy, 2009, Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Comunication, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rachdian & Andy Sikumbang, 2006, Mastering CMS dengan Mambo/Joomla, Jakarta: Elex Media Komputindo

Rosa dan Shalahuddin, 2011, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung : Modula

Supriyanto, Aji, 2005. Pengantar Teknologi Informasi, Semarang : Salemba Infotek.

Downloads

Published

2018-02-26

How to Cite

Arfyanti, I., Lathyf, A. and Arini, D. R. (2018) “SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT BERAT DAN SPAREPARTS PADA PT. HEXINDO MENGGUNAKAN BARCODE”, Sebatik, 12(1), pp. 18–23. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/65 (Accessed: 24 April 2024).

Issue

Section

Articles