MEMBANGUN VISUALISASI 3D GEDUNG STMIK WIDYA CIPTA DHARMA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA BROSUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v15i1.69Keywords:
Visualisasi 3D, STMIK Widya Cipta Dharma, Brosur, Gedung 3D, Augmented RealityAbstract
Penyajian informasi dalam media promosi masih banyak menggunakan cara konvensional dan belum memadukan unsur -unsur teknologi modern. Augmented Reality (AR) adalah bidang penelitian komputer yang menggabungkan data grafis 3 dimensi dengan dunia nyata atau dengan kata lain realita yang ditambahkan ke suatu media. Kegiatan pengenalan kampus STMIK Widya Cipta Dharma saat ini menggunakan media brosur yang berisi gambar 2 dimensi dan informasi mengenai kampus sehingga banyak calon mahasiswa baru yang kurang tertarik karena kurangya informasi mengenai fasilitas gedung yang dimiliki, namun akan sangat menarik jika gambar pada brosur disajikan dengan berbentuk 3 dimensi.
Visualisasi 3D gedung STMIK Widya Cipta Dharma berbasis augmented reality pada brosur penerimaan mahasiswa baru diawali dengan penginstalan software pendukung augmented reality, ARToolKit, kemudian merancang desain 3D objek gedung STMIK Widya Cipta Dharma menggunakan Google SketchUp, selanjutnya merancang desain marker dan desain brosur penerimaan mahasiswa baru menggunakan Adobe Photoshop CS3.
Berdasarkan hasil pengujian beta, Visualisasi 3D Gedung STMIK Widya Cipta Dharma Berbasis Augmented Reality pada Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk promosi pada calon mahasiswa baru dan menarik sebagai media promosi yang memperkenalkan bangunan STMIK Widya Cipta Dharma dengan cara yang lebih interaktif.
References
Azuma, R.T. 2014. A Survey Of Augmented Reality : Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories
Binanto, Iwan. 2010, Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Chari, dkk. 2008. Augmented Reality Using Over Segmentation : Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology
Darmawan, Djoko. 2009, Google SketchUp Mudah dan Cepat Menggambar 3Dimensi, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Manullang, Rio. 2014, Desain 3D Rumah Minimalis degan Google Sketchup, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Pressman, R. 2010 Software Engineering: A Practitioner's Approach. McGraw-Hill.
Vaughan, Tay. 2011. Multimedia: Making It Work 8th Edition. New York : McGraw Hill.
Villagomez. G. 2010. Augmented Reality. University of Kansas.
Yan, dkk. 2011. Research on Augmented Reality Display Method of Scientific Exhibits : DigitalEntertaiment Research Center.China : Nanjing Normal University
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article