MEMBANGUN VISUALISASI 3D GEDUNG STMIK WIDYA CIPTA DHARMA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA BROSUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Authors

  • Siti Lailiyah STMIK Widya Cipta Dharma
  • Reza Andrea STMIK Widya Cipta Dharma
  • Mira Dewi Yustina STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Visualisasi 3D, STMIK Widya Cipta Dharma, Brosur, Gedung 3D, Augmented Reality

Abstract

Penyajian informasi dalam media promosi masih banyak menggunakan cara konvensional dan belum memadukan unsur -unsur teknologi modern. Augmented Reality (AR) adalah bidang penelitian komputer yang menggabungkan data grafis 3 dimensi dengan dunia nyata atau dengan kata lain realita yang ditambahkan ke suatu media. Kegiatan pengenalan kampus STMIK Widya Cipta Dharma saat ini menggunakan media brosur yang berisi gambar 2 dimensi dan informasi mengenai kampus sehingga banyak calon mahasiswa baru yang kurang tertarik karena kurangya informasi mengenai fasilitas gedung yang dimiliki, namun akan sangat menarik jika gambar pada brosur disajikan dengan berbentuk 3 dimensi.

Visualisasi 3D gedung STMIK Widya Cipta Dharma berbasis augmented reality pada brosur penerimaan mahasiswa baru diawali dengan penginstalan software pendukung augmented reality, ARToolKit, kemudian merancang desain 3D objek gedung STMIK Widya Cipta Dharma menggunakan Google SketchUp, selanjutnya merancang desain marker dan desain brosur penerimaan mahasiswa baru menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Berdasarkan hasil pengujian beta, Visualisasi 3D Gedung STMIK Widya Cipta Dharma Berbasis Augmented Reality pada Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk promosi pada calon mahasiswa baru dan menarik sebagai media promosi yang memperkenalkan bangunan STMIK Widya Cipta Dharma dengan cara yang lebih interaktif.

References

Andriyadi, Anggi, 2012. Augmented Reality With ARToolkit. Jakarta: Nulis Buku

Azuma, R.T. 2014. A Survey Of Augmented Reality : Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories

Binanto, Iwan. 2010, Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Chari, dkk. 2008. Augmented Reality Using Over Segmentation : Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology

Darmawan, Djoko. 2009, Google SketchUp Mudah dan Cepat Menggambar 3Dimensi, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Manullang, Rio. 2014, Desain 3D Rumah Minimalis degan Google Sketchup, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Pressman, R. 2010 Software Engineering: A Practitioner's Approach. McGraw-Hill.

Vaughan, Tay. 2011. Multimedia: Making It Work 8th Edition. New York : McGraw Hill.

Villagomez. G. 2010. Augmented Reality. University of Kansas.

Yan, dkk. 2011. Research on Augmented Reality Display Method of Scientific Exhibits : DigitalEntertaiment Research Center.China : Nanjing Normal University

Downloads

Published

2016-01-01

How to Cite

Lailiyah, S., Andrea, R. and Yustina, M. D. (2016) “MEMBANGUN VISUALISASI 3D GEDUNG STMIK WIDYA CIPTA DHARMA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA BROSUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU”, Sebatik, 15(1), pp. 7–11. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/69 (Accessed: 23 April 2024).

Issue

Section

Articles