PEMBELAJARAN BANGUN RUANG AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v15i1.70Keywords:
Android, Augmented Reality,Marker Based Tracking, Pembelajaran Bangun Ruang.Abstract
Penelitian dilakukan untuk membangun pembelajaran bangun ruang augmented reality dengan metode marker based tracking berbasis android yang nantinya penelitian ini berhasil bisa membantu SMP Negeri 5 Samarinda dalam melakukan proses pembelajaran mata pelajaran matematika.
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan tentang pembelajaran bangun ruang. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ke SMP Negeri 5 Samarinda. Metode pengembangan multimedia yang digunakan meliputi dari konsep, desain, pengumpulan data, pembuatan, pengujian dan distribusi.
Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa pembelajaran bangun ruang augmented reality dengan metode marker based tracking berbasis android yang dapat menyajikan pembelajaran bangun ruang yang mudah dimengerti oleh user, yang dapat menjadi salah satu media alternatif atau alat peraga untuk pembelajaran mata pelajaran matematika untuk tingkat SMP.
References
Azuma, R.T. 2014. A Survey Of Augmented Reality : Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories. Chapel Hill : University of North Carolina.
Bimber, O. 2005, Spatial Augmented Reality Merging Real and Virtual Worlds. A.K Peters Ltd.
Chari, dkk. 2008, Augmented Reality Using Over Segmentation : Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdiknas.
Djumanta, Wahyudin. 2008, Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk SMP/MTS Kelas IX. Departemen Pendidikan Nasional.
Erwin, dkk. 2014. Perpaduan Teknik Pemetaan Pikiran dengan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Marker Tracking untuk Media Pembelajaran, Jurnal Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya.
Haller, Michael. Billinghurst, Mark. Thomas, H, Bruce. 2010. Emerging Technologies of Augmented Reality. London : Idea Group Publishing.
Hudojo, Herman. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press.
Nazruddin, Safaat, H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Pressman, R. 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York : McGraw-Hill.
Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Vaughan, Tay. 2011. Multimedia : Making It Work 8th Edition. New York : McGraw Hill.
Villagomez. G. 2010. Augmented Reality. Kansas :University of Kansas.
Yan, dkk. 2011. Research on Augmented Reality Display Method of Scientific Exhibits : Digital Entertaiment Research Center. China : Nanjing Normal University
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article