SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE) PADA TOKO BINTANG KERAMIK JAYA

Authors

  • Muhammad Irwan Ukkas STMIK Widya Cipta Dharma
  • Heny Pratiwi STMIK Widya Cipta Dharma
  • Dessy Purnamasari STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Penentuan Supplier Bahan Bangunan, Simple Multi Attribute Rating Technique

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah Penentuan Supplier Bahan Bangunan dengan menggunakan bantuan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) Pada Toko Bintang Keramik Jaya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Supplier Bahan Bangunan Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) Pada Toko Bintang Keramik Jaya dengan harapan seleksi Supplier secara obyektif. Dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan databasenya menggunakan Microsoft Access. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dan wawancara.

Hasil dari penelitian ini adalah dibuatnya sistem pendukung keputusan untuk mengetahui Penentuan Supplier yang layak, dipertimbangkan, dan belum terpilih untuk dipilih. Pengguna dapat menginputkan data Supplier, data kriteria, data subkriteria. Kemudian sistem akan mencari solusi dengan metode SMART. Setelah keputusan didapatkan, maka sistem akan menampilkan keputusan tersebut.

References

Andi, 2010, Aplikasi Database Visual Basic 6.0 Dengan Crystal Report, Yogyakrta: Andi Offset.

Anharku. 2009. Flowchart. http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2009/06/anharku-flowchart.pdf.(diakses 01 Desember 2015)

Jogiyanto, HM, 2008, Analisis & Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan , Yogyakarta: Andi.

Kustiyahningsih Yeni, Devie Rosa Anamisa, & Nikmatus Syafa’ah. 2013. Sistem Pendukung

Keputusan Untuk Menentukan Jurusan Pada Siswa SMA Menggunakan Metode KNN dan SMART. https://yenikustiyahningsih.files.wordpress.com/2013/04/knn.docx.(diakses 1 November 2015)

Pressman, Roger, 2007, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Offset.

Madcoms, 2010, Microsoft Access 2010 Untuk Pemula, Yogyakarta: Andi Offset.

Subari, dan Yustanto, 2008, Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0., Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Ukkas, M. I., Pratiwi, H. and Purnamasari, D. (2016) “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE) PADA TOKO BINTANG KERAMIK JAYA”, Sebatik, 16(1), pp. 34–43. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/73 (Accessed: 25 April 2024).

Issue

Section

Articles