MEMBANGUN EDUGAME “ BABY ZOO PUZZLE” BERBASIS ANDROID DENGAN GAME AGENT IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v16i1.75Keywords:
Edugame, Puzzle, Android, Game agent, Finite State MachineAbstract
Dalam pembuatan edugame “baby zoo puzzle” berbasis android dengan game agent implementasi finite state machine. Edugame “baby zoo puzzle” menggunakan algoritma pengacakan posisi pada potongan-potongan puzzle penggunaan algoritma pengacakan posisi agar potongan puzzle tidak mudah dihapal dan pada game agent menggunakan metode finite state machine (FSM), game agent akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan pada para pemain. Metode Finite State Machine perancangan sistem control yang menggambarkan prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal : state(keadaan), event (kejadian), action (aksi) yang digunakan kedalam game agent dapat memberikan aksi dan reaksi kepada pemain pada saat permainan dimainkan. Hasil dari pembuatan edugame”baby zoo puzzle” berupa .Apk dan .Exe yang dapat di jalan platform android dan PC, edugame “baby zoo puzzle” berbasis android dapat dimainkan untuk semua umur dari anak-anak hingga dewasa.
References
Alamsyah, R.Yadi Rakhman. Nurhakim, Bhilly. Game Simulasi Pengelolaan Tanaman Di Indonesia Berbasis Desktop. Bandung : STMIK LPKIA.
Andrea, R. 2013. Teknik Pengacakan Posisi Objek “Find Me! - The Game”, Prosiding SeNAIK, pp. 157-159. Samarinda. Unmul Press.
Andrea, R. 2015. Teknik Pengacakan Arena Permainan “Find Me! – Bumi Etam” dengan Teknik Shuffle Random. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer. 23 September 2015, Padang, Indonesia. Hal. 823-827.
Andrea, R., 2015. Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up “Find me!–Bumi Etam”. Semnasteknomedia Online, 3(1), pp.5-7.
Andrea, R., Akbar, R.I. and Fitroni, M., 2014. Developing Battle Of Etam Earth Game Agent With Finite State Machine (FSM) And Sugeno Fuzzy. ICCS Proceeding, 1(1), pp.184-187.
Anung Rachman, Vincent Suhartono, Yuliman Purwanto, 2010, Agent cerdas animasi wajah untuk game tebak kata, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Binanto, Iwan, 2010, Multimedia Digital Dasar Teoridan Pengembangan, Yogyakarta: Andi.
Bambang, Warsita, 2008, Teknologi Pembelajaran dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Brownlee, J. 2011. Finite State Machine in Game. <url,http://ai-depot.com/Finite State Machine (FSM) html>. (Diakses 25 maret 2015)
Elliani. 2014. Membangun edugame Smart & Fun Hijayah berbasis android. Skripsi S1 Teknik Informatika, Samarinda : STMIK WICIDA.
Ladjamudin, Al-bahra, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Hidayat, Febri. 2013. Perancangan game edukasi puzzle sebagai media pembelajaran untuk anaku siadini (studi kasus di tk. Pertiwi gebang-cirebon. http://elib.unikom.ac.id/. (Diakses tanggal 23 januari 2014)
Madcoms. 2008. Adobe Flash CS3 Professional , Madiun: CV ANDI OFFSET.
Madcoms, 2008, Mahir dalam 7 hari CorelDRAW X4,Yogyakarta: Andi.
Madcoms, 2005, Mahir Dalam 7 Hari Adobe Photoshop CS, Yogyakarta : Andi offset.
Nedya Matahari Bhakti. 2012. Pemetaan Perilaku Non-Playble Character Pada Permainan Berbasisi Role Playning Game Menggunakan Metode Finite
State Machine, Yokyakarta.
Nugroho, Adi, 2005, Fokus Bangun Dasar Perancangan Sistem Dengan UML, Yogyakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Pressman, Roger, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Andi Offset.
Suyanto, 2005, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Multimedia, Yogyakarta: Andi.
Safaat, Nasrudin H., 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android, Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article