ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MERAUKE

Authors

  • Markus Palobo Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Musamus
  • Yonarlianto Tembang Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Musamus

Keywords:

Pengembangan, Implementasi, Kurikulum 2013, Kesulitan Guru, Merauke

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia  menyebabkan  guru  harus  beradaptasi  dengan  tuntutan  kurikulum  yang  baru. Kurikulum  2013  yang  diterapkan  di  Indonesia  saat  ini  tidak  berjalan  dengan  lancar  sesuai dengan harapan pemerintah. Salah satu yang menjadi kendala implementasi kurikulum 2013 adalah  kesulitan  guru  dalam  menyiapkan  perangkat  pembelajaran  sesuai  kurikulum  baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh guru sekolah menengah pertama dalam mengembangakan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2103, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan, dan solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru di kota merauke yang berasal dari 20 sekolah dasar, 12 sekolah menengah pertama dan 8 sekolah menengah atas se-kota merauke. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi perangkat pembelajaran guru. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru di kota Merauke mengalami kesulitan dalam mengembangakan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Kesulitan-kesulitan guru antara lain dalam (1) pengembangan indikator pencapaian kompetensi, (2) penyusunan skema pencapaian kompetensi dasar, (3) pengembangan kegiatan apersepsi, (4) pengembangan aktivitas kegiatan inti, (5) perancangan kegiatan menarik kesimpulan, dan (6) penyusunan penilaian. Penelitian menyimpulkan bahwa guru masih memerlukan pelatihan pengembangan perangkat kurikulum 2013 khususnya pada penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.

References

Ahmad, S. 2013 ‘Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah’, Jurnal pencerahan, 8(2), pp. 98–108.
Cheung, A. C. . and Wong, P. . 2016) ‘Factors Affecting the Implementation of Curriculum Reform in Hong Kong: Key Findings from a Large-Scale Survey Study’, Internasional Journal of Educational Management, 26(1), pp. 152–165.
Darnius, S. 2016 ‘Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik di Kelas Tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh’, Jurnal Pesona Dasar, 2(4), pp. 40–48.
DiMartino, J., Castameda, A. and Miles, S. 2007 Authentic Assessment. Principal’s Research Riview. New York: Springer.
Eraslan, A. 2013. ‘Teachers Reflections on the Implementation of the New Elementary School Mathematics Curriculum in Turkey’, HU Journal of Education, 28(2), pp. 152–165.
Gulikers, J. T. ., Bastiaens, T. . and Kirschner, P. . 2004 ‘A Five-Dimensional Framework for Authentic Assessment’, Educational Technology Research and Development, 52(3), pp. 67–86.
I. Krisdiana, D. A. and Setiansyah, R. K. 2014. ‘Analisis Kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (Studi Kasus Eks-Karisidenan Madiun)’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 1–10.
Indonesia, M. P. dan K. R. 2013. ‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Penilaian’.
Indonesia, P. R. 2005. ‘UU No. 14 2005 tentang Guru dan Dosen’.
Lumadi, M. 2013. ‘Challenges Besetting Teachers in Classroom Assessment: An Exploratory Perpective’, Journal of Social Science, 34(3), pp. 211–221.
Maisyaroh, W. et al. 2014 ‘Masalah guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kerangka model supervisi pengajaran’, Manajemen Pendidikan, 24(3), pp. 213–220.
Ningsih, U. and Sumardi. 2014. Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMP N 12 Surakarta. Universitas Muhammadyah Surakarta.
Palobo, M. 2018. ‘Analysis of Teachers ’ Difficulties on Developing Curriculum 2013 Lesson Plans’, in 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018). Atlantis Perss, pp. 1319–1324. Available at: https://www.atlantis-press.com/proceedings/icss-18/25904025.
Palobo, M. and Tembang, Y. 2019. ‘Analisis Kualitas Rancangan Penelitian Tindakan Kelas Guru’, MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), pp. 119–128.
Puskurbuk. 2012 Pengeseran Paradigma Belajar Abad 21., http://www.puskurbuk.
Surya., O. L. A., Witjaksono, M. and Utomo, S. H. 2016 ‘Analisis Kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran ekonomi dan upaya mengatasinya’, in National Conference On Economic Education, pp. 1182–1190.
Uce, L. 2016 ‘Realitas Aktual Praksis Kurikulum: Analisis terhadap KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013’, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 6(2), pp. 216–229.
Widayana, G. 2017. ‘SMK Teacher Quality Improvement Through Training Development And Packaging Device Based Learning Curriculum 2013.’, in Atlantis press, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol (116), International Conference On Vocational Education And Training (ICOVET 2017)., pp. 1322–1330.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Palobo, M. and Tembang, Y. (2019) “ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MERAUKE”, Sebatik, 23(2), pp. 307–316. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/775 (Accessed: 28 March 2024).