ANALISIS PENERAPAN MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN TEPAT GUNA PADA DAERAH 3T (TERDEPAN,TERPENCIL DAN TERTINGGAL) DI KABUPATEN MAHAKAM ULU
Abstract
Keadaan pendidikan wilayah Kabupaten Mahakam Ulu merupakan permasalah yang umum terjadi pada wilayah kepedalaman khususnya di hutan Kailmantan dimana wilayah yang cukup terisolir hanya dapat melalui jalur sungai karena belum ada jalur darat yang layak dapat menuju ke lokasi tersebut. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan dalam tenaga pendidikan berkualitas dengan menggunakan model dan metode tepat guna pada pembelajaran disekolah. Pada Metodelogi Penelitian menggunakan Metode Tindakan Kelas (PTK), Dari hasil penelitian pada sekolah Dasar Negeri 1 (SDN 1) Ujoh Bilang Kelas VI dengan model Pembelajaran Koperatif dan metode Penemuan sangat tepat untuk di terapkan, pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Ujoh Bilang Kelas VII model Pembelajaran Koperatif dan metode demontrasi tepat untuk diterapkan di SMP sedangkan model Pembelajaran Koperatif dan metode Ekspositori pada Sekolah Menengah Pertama Negri (SMAN 1) Ujoh Bilang Kelas Kelas X juga sangat tepat untuk di terapkan di Sekolah Menengah Pertama Negri (SMAN 1) Ujoh Bilang Kelas Kelas X , Hasil Penelitian ini menujukan bahwa tingkat pendidikan pada wilayah 3 T dapat meningkat atau sama dengan sekolah di wilayah perkotaan khususnya jika memaksimalkan metode dan model pembelajaran tersebut dengan media sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai.
Downloads
References
Choiriyah, annisa’i. 2016. Pembelajaran Pengalaman Langsung Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti. jurnal Nur el-islam, volume 3, nomor 2
Daru Wahyuni dan Kiromim Baroroh.2012. Penerapan model dan metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 9 Nomor 1.Universitas Negeri Yogyakarta
Erita, Selvia.2016.Beberapa, Pendekatan, Strategi, model dan metode Dalam Pembelajaran Matematika.jurnal ilmu pendidikan vol. Vol 1 No 2.IAIN.Riau
Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan model dan metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2
Oemar, Hamalik. 2001. Pendekatan Baru strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Juwariyah, Siti. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Penerapan model dan metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation . Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 1. Madrasah Tsanawiyah Negeri I Bantul
Supriatna,Usep. 2016. Pengembangan Pembelajaran Komprehensif Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.Jurnal Inovasi Pembelajaran, Volume 2, Nomor 1. FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Yasyakur, Moch. 2017. Efektivitas Pembelajaran Karakter Pada Matapelajaran Ektrakulikuler di Sekolah Full Day School. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06 No.12.STAI Al-Hidayah Bogor
The copyright of this article is transferred to SEBATIK and STMIK Widya Cipta Dharma, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the SEBATIK. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to SEBATIK. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.