ANALISIS PENERIMAAN MAHASISWA UKSW TERHADAP PENGGUNAAN iSALATIGA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI KASUS : DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA)

  • Paulo Emilio Thenu Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Melkior N. N. Sitokdana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: DINPERSIP, iSalatiga, Technology Acceptance Model

Abstract

Aplikasi iSalatiga merupakan platform media sosial yang diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga (DINPERSIP). Aplikasi iSalatiga membuat penggunanya lebih efisisen dalam membaca. iSalatiga bisa diakses melalui PC, dekstop, dan mobile (smartphone-based application). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penerimaan mahasiswa UKSW terhadap penggunaan aplikasi iSalatiga dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Digunakan metode deskriptif kuantitatif pada penelitian ini, dengan membagi kuesioner kepada pengunjung perpustakaan Kota Salatiga. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerimaan mahasiswa UKSW terhadap penggunaan aplikasi iSalatiga ditentukan oleh 3 variabel yang saling mempunyai pengaruh positif. Yaitu pengaruh positif antara persepsi kemudahan pengguna (Perceived Ease of Use) dengan sikap pengguna (Attitude Toward) terhadap iSalatiga, pengaruh positif antara sikap pengguna (Attitude Toward) dengan niat perilaku untuk menggunakan (Behavioral Intention) aplikasi iSalatiga, dan pengaruh positif antara niat perilaku untuk menggunakan (Behavioral Intention) dengan kondisi sesunggunya (Actual Use) dalam menggunakan iSalatiga secara nyata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendro Gunawan, Lynawati. 2018. “Analisis Penerimaan Teknologi Smart city Kota Purwekerto Dengan Model Technology Acceptance Model (TAM)”.
Ni Luh Nyoman Sherina Dewi, I Wayan Suartana. 2014. “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Sistem Informasi di Nusa Dua Beach Hotel & Spa”.
Fran Sayekti, Pulasna Putarta. 2016. “Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah”.
Wiratna Sujarweni, V. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiono, 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W. 2014. Reseacrh Design Qualitativ, Quantitatif and Mixed Methods Approaches, 4 Edition. London:Sage.
Agung Prasetyo Patara. 2016. “Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi Salatiga Mobile Library”.
Published
2019-12-01
How to Cite
Thenu, P. and Sitokdana, M. (2019) “ANALISIS PENERIMAAN MAHASISWA UKSW TERHADAP PENGGUNAAN iSALATIGA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI KASUS : DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA)”, Sebatik, 23(2), pp. 324-329. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/777 (Accessed: 7July2020).