ANALISIS PENGARUH BEBAN USAHA DAN PENDAPATAN USAHA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA PT. ARPENI PRATAMA OCEAN LINE Tbk

  • Maulita Maulita Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda
  • M. Adham Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda
  • Amiril Azizah Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: Laporan Keuangan, Beban Usaha, Laba Usaha, Pendapatan Usaha, Kebijakan moneter

Abstract

  1. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk. Perusahaan yang mempunyai bisnis penyedia solusi transpotasi dan logisik terpadu, laporan keuangan berisi informasi mengenai pendapatan dan beban usaha selama satu priode akuntansi. Laporan ini merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan mengelola investasi yang telah ditanamkan oleh pihak investor. Penelitian ini menganalisa beban usaha dan pendapatan usaha jasa pada PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk terhadap laba perusahaan. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan yang akan dihadapi perusahaan pada tahun 2019 dalam kebijakan moneter suku bunga tinggi dan sisi finansial pelayaran nasional dan juga sejumlah pajak yang membebani. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling method. Jenis data penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari pengumpulan Annual Report (Laporan Keuangan) PT. Arpeni Pratama Ocean yang dimuat dalam IDX 2013 sampai dengan 2018. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah regresi linier berganda ditemukan bahwa pengaruh beban usaha terhadap laba usaha signifikan dan laba perusahaan dipengaruhi oleh beban usaha sebesar 36%. Sedangkan pengaruh pendapatan usaha terhadap laba usaha perusahaan signifikan dan laba perusahaan dipengaruhi sebesar 12% dari pendapatan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Wijaya.2019. Prospek Industri Pelayaran Nasional 2019, Neraca.co.id
www.neraca.co.id/article/112098/prospek-industri-pelayaran-nasional-di-2019
Barus,dkk.2016. Analisis Pengaruh Beban Operasional pada Pendapatan Usaha dan Dampaknya Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Confrence on Management and Behavioral Studies.2-ISSN No: 2541-2850
Blocher, Edward J, David E, Stout, dan Garry Cokins. 2010. Manajemen Biaya: Penekanan Strategis. Penerjemah M. Yusuf Hamdan dan M. Ramdan Adhi. Jakarta: Salemba Empat.
Deo,O. dan Liu,C.Z.2016. All Cash is Not Created Equal: Detecting Fraudulent Cash Flows. Journal of Forensic & Investigative Accounting Volume 8: Issue 2. Special Issue.
Efilia,M .2014. Pengaruh Pendapatan Usaha dan Beban OPerasional Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Kimia dan Keramik, Porselin & Kaca yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. e- Journal. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Handayani, M. 2016. Analisa Biaya Operasional dan Pendapatan Jasa Terhadap Perusahaan pada PT. BHL,KNIT-2 Nusa Mandiri, 37-46.
Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah.CAPS (Central Of Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Mulyadi. 2015. Akuntansi Biya Edisi 5. SEkolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Mulyadi. 2014. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Aditya Media: Yogyakarta.
Mulyadi, 2014, Akuntansi Biaya, Edisi kelima, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Ramdhani, B. 2015. Pengaruh Harga Jual dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih pada perusahaan Tambangan Sub Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
Samryn,L.L. 2012. Akuntansi Manajemen Informasi Biaya Untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi dan Investasi. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subramanyam & Wild .. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10: Salemba 4
Supriyono, R 2011. Akuntansi Biaya, Perencanaan dan Pengendalian biaya, serta pengambilan keputusan. Yogyakarta: BPFE
Siregar, Baldric, Bambang Supripto, Dody Hapsoro, Eko Widodo, Frasto Biyanto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar Baldric, Suripto Bambang dkk. 2013. Akuntansi Manajemen. Salemba Empat. Jakarta
Published
2019-12-01
How to Cite
Maulita, M., Adham, M. and Azizah, A. (2019) “ANALISIS PENGARUH BEBAN USAHA DAN PENDAPATAN USAHA TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA PT. ARPENI PRATAMA OCEAN LINE Tbk”, Sebatik, 23(2), pp. 330-336. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/778 (Accessed: 4April2020).