APLIKASI SISTEM PAKAR SKORING TES IQ MENGGUNAKAN ALAT CFIT

  • J. Angelina Widians Universitas Mulawarman
  • Irwan Aditya Saputra Universitas Mulawarman
Keywords: Sistem pakar, Tes IQ CFIT, Forward Chaining

Abstract

Sistem Pakar merupakan suatu bagian dari kecerdasan buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang digunakan untuk memecahkan berbagai masalah, pembuatan aplikasi sistem pakar skoring tes IQ dengan alat CFIT berbasis desktop ini memberikan kemudahan kepada user yang ingin melakukan tes IQ CFIT. Penyajian tes-tes yang dilakukan melalui desktop diharapkan dapat memberi banyak manfaat dan mudah diimplementasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Forward Chaining untuk menentukan IQ seseorang. Input dari sistem pakar skoring tes IQ dengan alat CFIT ini adalah soal-soal tes IQ yang terdiri dari 50 soal yang telah disediakan. Kemudian proses yang dilakukan adalah dengan menjawab soal-soal yang ada didalam sistem tersebut dengan durasi yang telah ditentukan. Output dari sistem pakar skoring tes IQ dengan alat CFIT ini adalah menentukan IQ seseorang. Dengan adanya sistem ini kita dapat memperkenalkan bahwa memilih metode atau alat tes IQ akan lebih mudah diterapkan dalam memanfaatkan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumadewi, S., “Artificial Intellegence ( Teknik dan Aplikasinya) “, Graha Ilmu, Yogyakarta 2003.

Giarratano,J. Gary,R., “Expert System : Principles and Programming”, Boston, PWS Publishing Company, 1994.

Cattel, R.B dan Butcher, H.J. , “Creativity and Personality. Vernon, P.E. Creativity : Selected Readings”, Pinguin Books, Baltimore, 1989
Published
2017-01-01
How to Cite
Widians, J. A. and Saputra, I. A. (2017) “APLIKASI SISTEM PAKAR SKORING TES IQ MENGGUNAKAN ALAT CFIT”, Sebatik, 17(1), pp. 1-5. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/78 (Accessed: 19April2021).
Section
Articles