APLIKASI PEREKRUTAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASISKAN WEB PADA PT. SMESCO INDONESIA

  • Muhammad Andri Imawan Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
  • Margi Cahyanti Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
  • Moch Wisuda Sardjono Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
  • Ericks Rachmat Swedia Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
Keywords: Sistem Penunjang Keputussan, TOPSIS, Aplikasi Web, Perekrutan Karyawan

Abstract

SMESCO Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha retail. Perusahaan ini membutuhkan sistem pengambilan keputusan dalam penerimaan calon karyawan kontrak setiap tahun di bidang IT Support karena selama ini mengalai kesulitan dalam memproses perhitungan penerimaan calon karyawan. Sebelumnya proses penilaian calon karyawan pada SMESCO Indonesia dilakukan dengan cara semi komputerisasi dengan kriteria nilai tertinggi yang terpilih, belum menggunakan metode perangkingan bobot pada setiap kriteria penilaian, dan proses perhitungan masih dilakukan menggunakan microsoft excel, sehingga proses administrasi berkas tidak terpusat, dikerjakan oleh pengguna yang berbeda di komputernya masing-masing yang dapat mengakibatkan data hilang dan menjadi sulit ditemukan karena tersebar di beberapa komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program aplikasi Decision Support Systems (DSS) berbasis web yang dapat membantu Human Resources Departement (HRD) SMESCO Indonesia dalam proses penilaian terhadap calon karyawan dengan cepat dan akurat. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam penentuan perekrutan karyawan, salah satunya adalah menggunakan metode TOPSIS (Techinique for Order Preference by Similarity to Ideal  Solution). Metode ini digunakan dalam perhitungan perekrutan karyawan karena metode ini memiliki hasil penilaian yang objektif, konsepnya yang mudah dipahami dan memiliki waktu komputasi yang efisien. Aplikasi Decision Support Systems (DSS) dengan metode TOPSIS yang diimplementasikan ini berisi data karyawan, kriteria data penilaian, kriteria data alternatif dan kriteria pembobotan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fristy, R., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Dalam Memilih Kepala Departemen Pada Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera II Medan, Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Vol. 2, No 1, e-ISSN 2541-3724.
Gregorius, R & E., 2013, Analisis Penggabungan Metode SAW dan metode TOPSIS untuk mendukung keputusan seleksi penerimaan dosen, Thesis (S2), http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4360.
Harpad, B dan Salmon, S., 2018, Penerapan Metode AHP dan Metode TOPSIS Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asisten Laboratorium Komputer Pada STMIK Widya Cipta Darma Samarinda, Jurnal SEBATIK Vol. 19, No. 1, ISSN : 1410-3737
Irfan, Subakti., 2012, Decision Support System (DSS), Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Irvan, M., 2017, Penerapan Metode TOPSIS Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa II, ILKOM, Jurnal Ilmiah Vol. 9, No.3, ISSN 2087-1716.
Kusumadewi, 2006, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Karmila, 2017, Sistem Pendukung Keputusan dalam Merekomendasikan Smartphone untuk Kalangan Pemula dengan Metode TOPSIS, Seminar Nasional Multidisplin Ilmu, OSF, https://osf.io/5n6qd/
Putri, A., 2018, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata Dengan Metode TOPSIS, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol. 5, No. 5, 621-628.
Satriawaty, M., 2015, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode TOPSIS, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Vol. I, No. 2.
Sriani, S dan Putri, RA., 2018, Analisa Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada SMA Al-Washliyah Tanjung Morawa, Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 01, No. 01, ISSN 25998-6341
Sunalia, A., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Pada SMK Madyatama Dengan Metode TOPSIS, Seminar Hasil Penelitian Ilmu Komputer Ke-2 (SENTIKOM2017), hal. 013-018.
Published
2019-12-01
How to Cite
Imawan, M., Cahyanti, M., Sardjono, M. and Swedia, E. (2019) “APLIKASI PEREKRUTAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASISKAN WEB PADA PT. SMESCO INDONESIA”, Sebatik, 23(2), pp. 343-351. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/781 (Accessed: 4April2020).