BLENDED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SUATU TUNTUTAN GUNA MEMPEROLEH KETERAMPILAN ABAD KE-21
Abstract
Pendidikan Indonesia abad ke-21, dihadapkan dengan sejumlah tantangan dan peluang. Tantangan pendidikan adalah penguasaan keterampilan siswa masih rendah. Sedangakan peluang mudah memperoh informasi, sumber belajar mudah diperoleh, hemat tenaga dan waktu. Tujuan penelitian untuk mengetahui secara mendalam blended learning dalam pengembangan pembelajaran dan mengetahui keterampilan yang seharusnya diperoleh siswa di madrasah satu atap (MIS, MTs dan MAS) Ar-Rahman Merombok kabupaten Manggarai Barat NTT dalam abad k-21. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjadi kesimpulan: 1) blended learning: a) dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih bersifat terbuka dan dua arah, b) siswa dan guru memperoleh keterampilan ganda, lebih disiplin waktu yaitu keterampilan berbahasa dan mengenal hard ware computer, c) siswa dan guru, mudah menyimpan dan membuka pembelajaran kapan, dimana saja. 2) Keterampilan Siswa a: kognitif (belajar mandiri dan tatap muka), afektif (disiplin waktu, menghargai teman, hubungan orang tua, siswa dan guru lebih harmonis), Psikomotor (mampu mengenal perangkat komputer), kemampuan mencari dan menemukan bahan belajar, mampu memecahkan masalah secara mandiri
Downloads
References
Jufri, 2010, Belajar dan Pembelajaran Sains, Mataram: Arga Puji Press
King, F.J., Goodson, L., M. S., dan Rohani, F., 2010, Higher Order Thinking Skills. Assessment dan Evaluation Educational Service Program. Journal of Interactive Learning Research, Vol 13, No 4, Hal 311–37.
Kokasih. A. L, 2010, Meningkatkan kualitas blended learning: case study menggunakan coi model, Jawa Barat.
Lim D. H, Morris M. L dan Kupritz V. W, Online vs. Blended learning: Differences in Instructional Outcomes and Learner Satisfaction. University of Tennessee.
Leen, C.C., Hong, K.F.F.H., dan Ying, T.W, 2014, Creative and Critical Thinking in Singapore Schools. Singapore: Nanyang Technological University.
Majir, A, 2018, Rekonstruksi Hubungan Komite sekolah dan Sekolah Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Abad ke 21.Jurnal Buana Pendidikan Surabaya.Volume XIV.(.26), .105-119.
Majir,A & Nendi,Peran Manajer Kepala Sekolah Dalam Mengelola Ekstra-Kurikuler Kurikulum 2013.Jurnal IMEDTECH Citra Bakti.vol 2 (1), 11-33
Noer, 2010. Blended learning Mengubah Cara Kita Belajar Di Masa Depan. [online]. Tersedia: http://www.muhammadnoer.com/2010/07/blended-learning-mengubah-cara-kita-belajar-di-masa-depan/. Diakses tanggal 01 Februari 2014
Prasetya Citra Sukoco. 2014. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi Pjok. Malang: UM
Ramdhani, M.R., Usodo, B., dan Subanti, S. 2017. Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895. doi :10.1088/1742-6596/895/1/012033.
Rusman. 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: UPI
Sjukur, Sulihin B. 2012. Pengaruh Blended learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2013.
The Partnership for 21st Century Skills,, 21st Century Skills, Education dan Competitiveness: A Resource and Policy Guide. Diakses 1 Desember 2015 dari http://www.p21.org/storage/docume
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang guru dan dasen: Bandung: CitraUmbara
Uno, B. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wendhie P. 2014. Implementasi Blended learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Yogyakarta: Widyaiswara LPMP
The copyright of this article is transferred to SEBATIK and STMIK Widya Cipta Dharma, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the SEBATIK. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to SEBATIK. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.