IMPLEMENTASI METODE PENGAMBILAN KEPUTUSAN GO/NO-GO DALAM EKSEKUSI IDE RENCANA BISNIS BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

  • Candra Taufik Teknik Informatika, Fakultas IT dan Komputer, Politeknik Piksi Ganesha
  • Yusuf Sanny Administrasi Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: Go/No-Go, Metode, Pengambilan Keputusan, Peluang Bisnis, Ide, Rencana

Abstract

Globalisasi dan perkembangan Teknologi Informasi sangat memungkinkan bagi siapa pun untuk memperoleh ide / rencana bisnis yang dianggap akan menjadi suatu bisnis sukses dan meningkatkan perekonomiannya. Ide / rencana bisnis tersebut dapat langsung dieksekusi oleh pemiliknya dan kemudian akan menghadapi dua kemungkinan, yaitu sukses atau gagal dan tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Selain itu, banyak pula yang justru tidak mengeksekusi ide / rencana bisnisnya karena khawatir gagal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Metode Pengambilan Keputusan Lanjut / Tidak Lanjut (Go/No-Go) dalam eksekusi ide / rencana bisnis bidang Teknologi Informasi yang telah diperoleh dari penelitian sebelumnya. Metode Go/No-Go yang dimaksud terdiri dari Explore / Eksplorasi, Select / Pilih, Test / Uji dan Decide / Putuskan atau disingkat ESTD. Dalam penelitian ini metode tersebut akan diimplementasikan oleh sejumlah responden untuk pengambilan keputusan lanjut/tidak lanjutnya eksekusi ide / rencana bisnis mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya teori kewirausahaan dalam proses penyaringan peluang bisnis atau penentuan peluang bisnis (venture opportunity) yang benar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan mengambil sample sebanyak 60 orang yang memiliki ide bisnis bidang IT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu rata-rata pengambilan keputusan Go/No-Go adalah 6.39 hari dan standard deviasi 1.47 hari. Untuk tingkat keyakinan 90% diperoleh range rata-rata waktu penggunaan metode ESTD 4.45 s/d 8.33  hari. Sekitar 89 % dari responden menyatakan bahwa metode pengambilan keputusan Go/No-Go ini mudah dipahami dan dipergunakan serta 19% responden menyarankan untuk menambahkan contoh-contoh asumsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cohendet, P., & Simon, L. (2015). Introduction to the Special Issue on Creativity in Innovation. Technology Innovation Management Review, 5(7), 12-23.
Duening, T. N., Hisrich, R. A., & Lechter, M. A. (2014). Technology Entrepreneurship: Taking Innovation to the Marketplace. Academic Press.
Koudstaal, M., Sloof, R., & Van Praag, M. (2015). Risk, uncertainty, and entrepreneurship: Evi-dence from a lab-in-the-field experiment. Management Science, 62(10), 2897-2915.
Kuratko, D. F. (2016). Entrepreneurship: Theory, process, and practice. Cengage Learning.
Schaefer, P. (2011). The seven pitfalls of business failure and how to avoid them. Attard Com-munications.
Sunyoto, D. (2014). Studi kelayakan bisnis. Penerbit CAPS (Center of Academic Publishing ser-vice). Yogyakarta.
Suryana, Y., & Bayu, K. (2012). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses Ed. 2. Kencana.
Susetyo, B. (2010). Statistika untuk analisis data penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Taufik, C., & Karyadi (2018). Go/No-Go Decision-Making Method on Business Development of Software Development in Indonesia. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 6(2), 71-90.
Timmons, J., Smollen, L. E., & Dingee, A. L. M. (2011). New Venture Creation: A Guide to Entrepreneurship. University of Singapore.
Widyasthana, G. N. S., Wibisono, D., Purwanegara, M. S., Siallagan, M., & Sukmawati, P. (2017). Corporate venture capital strategy for selecting start-up investments in Indonesia using an agent-based model: Cases of a mobile application start-up, payment solution start-up and digital advertising start-up. Journal of Entrepreneurship Education.
Wikipedia. Confidence Interval. https://en.wikipedia.org/wiki/Confidence_interval#cite_note-23. (diakses tanggal 16 November 2019).
York, J. L., & Danes, J. E. (2015). Customer Development, Innovation, and Decision-Making Biases int he Lean Startup. Journal of Small Business Strategy, 24(2), 21-40.
Published
2019-12-01
How to Cite
Taufik, C. and Sanny, Y. (2019) “IMPLEMENTASI METODE PENGAMBILAN KEPUTUSAN GO/NO-GO DALAM EKSEKUSI IDE RENCANA BISNIS BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI”, Sebatik, 23(2), pp. 654-662. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/789 (Accessed: 7July2020).