ENKRIPSI DATA AUDIO MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI RSA

Authors

  • Awang H. Kridalaksana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Andi Yushika Rangan STMIK Widya Cipta Dharma
  • Asfami Ansharie STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Microsoft Visual Studio Ultimate 2012, Kriptografi, Enkripsi Data Audio, Metode RSA.

Abstract

Penerapan Metode RSA pada Enkripsi Data Audio, merupakan bentuk penelitian untuk membuktikan bahwa Metode Kriptografi dapat digunakan untuk pencarian solusi, khususnya pada permasalahan kerahasian data. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah enkripsi data untuk merahasiakan sebuah data dengan menggunakan dua kunci yaitu, proses enkripsi dengan menggunakan kunci public dan kunci Private digunakaan untuk melakukan proses dekripsinya, dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .NET. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Metode pengujian yang digunakan adalah metode pengujian White-Box yang digunakan untuk menguji listing Coding Proses enkirpsi dan dekripsinya, Black Box digunakaan untuk menguji apakah aplikasi berjalan dengan algoritma kunci yang sesuai, menguji daya tahan hasil enkripsi data apakah bisa di enkripsi dengan metode kriptografi lainnya.

Dengan menggunakan tahapan pengembangan Prototype yaitu Tahapan Perancangan Antarmuka, Implementasi, Pengujian Sistem, agar dalam membangun Aplkasi Enkripsi Data Audio menggunakan Kriptografi RSA dengan terstruktur. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk Keamanan data.

References

Ariyus, Dony. 2008. Pengantar Ilmu Kriptografi. Penerbit : ANDI. Yogyakarta.

Arif 2008. Kriptografi visual pada biner dan citra berwarna serta pengembangannya dengan setenografi

Munir, Rinaldi 2012, Matematika Diskrit Revisi Kedua, Informatika, Bandung

Nugroho Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi, 2010

Prayudi, Yudi, Idham Halik. 2005. Studi Analisis Algoritma Rivest Code 6 (RC6) Dalam Enkripsi/Dekripsi Data. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI
2005), Yogyakarta.

Simarmata. Janner. 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi Offset, Yogyakarta.

Tri Rahajoeningroem, Muhammad Aria, 2011, Studi Dan Implementasi Algoritma RSA untuk Pemangamanan Data Transkrip Akademik Mahasiswa, Jurnal Teknik Elecktro majalah ilmiah unikom Vol 8, Universitas Komputer Indonesia

Widya, Abdul Kadir. 2009. Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional. Yogyakarta : Andi Offset.

Yunizar, Muhammad. 2011. Teknik Uji Coba Black Box dan White Box. Universitas Gunadarma. Jakarta

Downloads

Published

2017-01-01

How to Cite

H. Kridalaksana, A., Rangan, A. Y. and Ansharie, A. (2017) “ENKRIPSI DATA AUDIO MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI RSA”, Sebatik, 17(1), pp. 6–10. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/79 (Accessed: 16 April 2024).

Issue

Section

Articles