KAJIAN KEBUTUHAN OKSIGEN TERHADAP RUANG TERBUKA HIJAU KAMPUS BANGAU UNIVERSITAS KATOLIK MUSI CHARITAS PALEMBANG

  • Meylinda Mulyati Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi,Unika Musi Charitas Palembang
  • Suzzana Winda Artha Mustika Teknik Arsitektur, Fakultas Sains dan Tenologi, Unika Musi Charitas Palembang
Keywords: Ruang Terbuka Hijau, Konsumsi Oksigen, Kampus Bangau, Lingkungan, Taman Vertikal

Abstract

Setiap tahun jumlah mahasiswa di Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) Palembang bertambah. Peningkatan pembangunan sarana dan prasana, khususnya bangunan gedung rektorat pada kampus Bangau UKMC berimbas dengan berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH). Lahan yang digunakan untuk membangun gedung rektorat, sebelumnya merupakan RTH. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan daya dukung lingkungan. Hal ini juga mengakibatkan bertambahnya beban kampus terhadap lingkungan. Kondisi kota Palembang yang berasap juga membuat kondisi lingkungan semakin terbebani. Salah satu beban terhadap lingkungan adalah kebutuhan Oksigen yang berkaitan dengan keberadaan RTH. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji kondisi RTH di kampus Bangau UKMC, kebutuhan kecukupan Ruang Terbuka Hijau ideal berdasarkan kebutuhan Oksigen penghuni kampus Bangau UKMC, untuk mengetahui syarat kecukupan luas RTH kampus Bangau UKMC, dan memberikan upaya ataupun pelestarian terhadap RTH kampus Bangau UKMC. Kebutuhan oksigen total yang dibutuhkan oleh warga kampus Bangau UKMC, dan kendaraan adalah 10.006,12 kg/hari. Kebutuhan RTH pada kampus Bangau UKMC masih kurang sebesar 25,99% dari yang diharapkan sebesar 30%. Perlu dilakukan upaya untuk memenuhi konsumsi Oksigen dengan menambah tanaman yang dapat menyerap lebih banyak Karbondioksida seperti Lidah Mertua(Sanseviera), Palem Bambu (Chamaedorea seifrizii), Palem kuning (Chrysalidocarpus), Karet Hias (Ficus Robusta) yang bisa ditanam di dalam pot dan dibuat pada taman vertikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adillasintani., M. Isran R., Achmad Z., 2013, Analisis Tingkat Kebutuhan Dan Ketersediaan RTH Pada Kawasan Perkantoran Di Kota Makassar, http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/8036/Jurnal.pdf?sequence=2 (diakses tanggal 2 Otober 2019)
Amiany , 2018, Penataan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya, https://www.researchgate.net/publication/32428074 1_Penataan_Ruang_Terbuka_Hijau_Di_Kawasan_ Fakultas_Teknik_Universitas_Palangka_Raya. (diakses tanggal 1 Oktober 2019)
Basri, I.S., 2010, Pencemaran Udara Dalam Antisipasi Teknis Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan, Jurnal Smartek, Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu.
Dahlan, Endes N., 2014, Karakteristik Fisik Pohon Dan Pengaruhnya Terhadap Iklim Mikro (Studi Kasus Di Hutan Kota Dan RTH Kota Semarang), Forum Geografi, Vol 28, No 1 Juli 2014:83-90, Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Juniatmoko, R., 2017, Estimasi Luasan RTH Berdasarkan Kebutuhan Oksigen Terhadap suhu Udara Mikro di Ibukota Kabupaten Madiun (Studi Kasus Perkotaan Mejayan), Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Mbele, M.F.B., dan Rulli Pratiwi Setiawan, 2015, Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Kebutuhan Oksigen di Kota Malang, Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 2, (2015) ISSN: 2337-3539, ITS, Surabaya.
Munfarida I dan Dyah ratri N, 2019, Analisa Kecukupan Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Penyerapan Konsentrasi Karbondioksida (CO2) Dan Pemenuhan Oksigen (O2) di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurnal teknik Lingkungan Volume 4 No 2 Maret 2019, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Purwatik S, Bandi S, Hani’ah, 2014, Analisis Ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Berdasarkan Kebutuhan Oksigen (Studi Kasus : Kota Salatiga), Jurnal Geodesi UNDIP, Semarang.
Sahid, D.R., Y. Malik., 2016, Kajian Ruang Terbuka Hijau Dan Pemenuhan Kebutuhan Oksigen Di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Skripsi, Departemen Pendidikan Geografi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia
Suciyani, W.O., 2018, Analisis Potensi Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kampus Di Politeknik Negeri Bandung, Jurnal Planologi Vol. 15, No. 1, April 2018, hal 17-33.
Wahid, Abdul, 2013, Asuhan Keperawatan Dengan Gangguan Sistem Muskuloskeletal, Trans Info Media, Jakarta.
Published
2019-12-01
How to Cite
Mulyati, M. and Mustika, S. (2019) “KAJIAN KEBUTUHAN OKSIGEN TERHADAP RUANG TERBUKA HIJAU KAMPUS BANGAU UNIVERSITAS KATOLIK MUSI CHARITAS PALEMBANG”, Sebatik, 23(2), pp. 408-413. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/791 (Accessed: 4April2020).