MONITORING KETINGGIAN PLATEAU BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN ATMEGA 328 DAN SENSOR ALTIMETER

  • Eko Budihartono Program Studi DIII Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Ida Afriliana Program Mataram No. 9 Tegal
Keywords: Arduino IDE, ATMega 328, LCD, Sensor Altimeter, Arduino Software (IDE)

Abstract

Pengertian dataran tinggi yaitu dataran luas yang letaknya di daerah tinggi atau pegunungan disebut dengan dataran tinggi, dinamakan juga plato (plateau). Pengukuran tinggi tempat biasanya didasarkan pada perbandingan tekanan udara tempat tersebut dengan permukaan laut sehingga nilainya dinyatakan dalam satuan meter diatas permukaan laut. Perangkat sensor altimeter merupakan salah satu sensor yang digunakan untuk mengukur ketinggian dataran rendah (laut) hingga ke dataran tinggi (bukit), Aplikasi sensor altimeter sebenarnya sudah ada di smartphone atau android namun aplikasi ini bergantung pada koneksi internet sebagai penyedia layanan dan jika berada di dataran tinggi koneksi akan hilang seketika karena koneksi internet tidak terjangkau di atas ketinggian lebih dari 1000 Mdpl. Penelitian ini menggunakan alat sensor Altimeter sebagai pengendali sensor ketinggian. Altimeter merupakan sensor untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Prinsip kerja dari sensor altimeter menggunakan tekanan udara, yaitu dengan bertambahnya suatu ketinggian, maka tekanan udara akan berkurang. Adanya sensor Altimeter dengan berbasis ATMega328 ini semua orang dapat mengukur ketinggian di dataran tinggi tanpa ada kendala jaringan karena ATMega328 dirancang secara khusus tanpa mengandalkan bantuan jaringan atau internet, Alat ini dirancang khusus menggunakan  sensor Altimeter agar lebih praktis untuk mengukur dataran tinggi dari titik nol laut sampai ke dataran tinggi menggunakan sensor altimeter dan aplikasi platium C Arduino IDE dengan cara kerja otomatis. Alat ini hanya membutuhkan baterai atau power bank untuk menampilkan di layar LCD. Pembuatan alat ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengukuran ketinggian dan suhu di dataran tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfred Tenggono, Yovan Wijaya Kusuma, W. (2015) ‘Sistem Monitoring Dan Peringatan Ketinggian Air Berbasis Web Dan SMS Gateway’, 5(2), pp. 119–129.
Amelius Andi Mansawan (2017) ‘Potensi Data Satelit Altimeter Untuk Pengukuran Tinggi Paras Laut Di Daerah Pantai Cilacap Dan Benoa’.
Dari, W. (2015) ‘Penerapan Metode System Development Life Cycle Pada Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Produk Batik Kurowo Jakarta’, 3(2), pp. 222–228.
Djuandi, F. (2011) ‘Pengenalan arduino’, pp. 1–24.
Girsang, I. S. and Perangin-angin, B. (2012) ‘Perancangan Monitoring Jarak Jauh Ketinggian Air Pada Bendungan Menggunakan Sistem Android Via Jaringan Wi-Fi’, pp. 1–7.
Hadinegara, F. (2018) ‘Perancangan Alat Ukur Massa Jenis Udara Menggunakan Sensor BMP280 dan DHT280 berbasis arduino’.
M. Syafik Mukhlis, Yamato, A. R. M. (2015) ‘Sistem Mikrokontroler Atmega328 sebagai Pengontrol Suhu Dan Level Air’, (Lcd), pp. 1–10.
Meivita, D. N. (2016) ‘Rancang Bangun Alat Ukur Kondisi Kesehatan Pada Pendaki Gunung Berbasis Fuzzy Logic’, pp. 13–18.
Restanti, B. (2012) ‘Prototype Instrumen Alat Ukur Untuk Kondisi Pada Pendaki Gunung’.
Zuly Budiarso, E. N. (2011) ‘Sistem Monitoring Tingkat Ketinggian Air Bendungan Bebasis Mikrokontroller’.
Published
2019-12-01
How to Cite
Budihartono, E. and Afriliana, I. (2019) “MONITORING KETINGGIAN PLATEAU BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN ATMEGA 328 DAN SENSOR ALTIMETER”, Sebatik, 23(2), pp. 440-446. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.796.