PELAKSANAAN e-MAR KETING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEBAGAI STRAGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS UMKM DI KOTA BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Blasius Manggu Sekolah Tinggi Ilmu Manaajemen Shanti Bhuana
  • Sabinus Beni Sekolah Tinggi Ilmu Manaajemen Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.798

Keywords:

e-Marketing, Usaha Mikro Kecil Menengah, Strategi, Meningkatkan Penjualan

Abstract

konsumen. Sekarang ini pelaku usaha sudah banyak yang menerapkan sistem pemasaran secara online. Pemasaran melalui internet (internet marketing)  atau lebih dikenal dengan nama e-marketing dapat menjangkau konsumen dimanapun berada. Belanja online yang saat ini diminati oleh masyarakat memberikan andil besar terhadap perkembangan e-marketing. Dengan menggunakan e-marketing kita dapat memperoleh keuntungan yang meliputi layanan konsumen dan layanan citra perusahaan menjadi baik, menemukan parnert bisnis baru, proses menjadi sederhana dan waktu dapat dipadatkan, dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, akses informasi menjadi cepat, belajar menarik dan berkomunikasi dengan pelanggan di situs jejaring sosial. Dengan dukungan internet e-Marketing mampu menjangkau pemasaran ruang lingkup yang lebih luas karena mengacu pada media digital seperti web, e-mail dan media nirkabel, meliputi pengolahan data pelanggan digital, dan juga bagaimana internet dapat digunakan bersama dengan media tradisional untuk memperoleh dan memberikan layanan kepada pelanggan Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara  maupun daerah, begitu juga dengan Daerah Tingkat II Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki peranan sangat penting  dan merupakan salah sektor  unggul dalam menopang pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik. Pelaksanaan e-Comerce menuntut pergeseran paradigma secara fundamental, dari yang semula marketplace yang menekankan interaksi secara fisik antara penjual dan pembeli menjadi marketspace, lalu lintas informasi, produk/jasa, dan pembayaran bersifat fisik (location based).

References

Aaker, D., 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Delapan ed. Jakarta: Salemba Empat.
Assauri, S., 2013. Strategic Marketing: Suistaining Liferime Costumer Value. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chaffey, D., Richard, M. & Kevin Johnston, D. F. E. C., 2000. Internet Marketig, Strategi, Implementation and Practice. Limited ed. London: Pearson Education .
Chandra, A., 2010. e-Bisnis & e Commerce. 1 ed. Yogyakarta: ANDI.
Hafni, R. & Rozali, A., 2017. Analisis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Umsu, p. 134.
Husada, B., 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Kabupten Lampung Timur. Jurnal Derivati FE UMM Lampung, II No. 1(Ekonomi Loka), pp. 1-8.
Kotler, P. & Amstrong, G., 2012. Dasar-Dasar Pemasaran: Alih Bahasa Alex Sindoro. 9 ed. Jakarta: Indeks.
Peter, P. J., 2016. Prilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Baru ed. Jakarta: Salemba Empat.
Putri, S. & Fitrah, D., 2017. Pengaruh online marketing campaign#samyangchallenge terhadap consumer behavior digital natives pengguna youtobe Indonesia. Jurnal Profesi Humas, 1(Onlie Marketing), pp. 132-134.
Rahmana, A., 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah, Seminar Nasional Teknologi Informasi. http// Journal UII, Issue UMKM Berbasis Teknologi Informasi.
Rumagia, S. R. & Utha, A., 2016. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kacang Kulit Garuda Food. Ilmu Administrasi Bisnis Universita Halu Oleo, --(Strategi Marketing), p. 212.
Saputra, D. &. F. D., 2014. Sistem Informasi Pencatatan Hutang Piutang Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus, Bungo Sahabat). Pro Bisnis, 1(Akuntansi), p. 7.
Sibero, A., 2011. Kitab Suci Programing. Yogyakarta: Mediakom.
Stelzner, M., 2012. How Marketers Are Using Social Media To Grow Their Busines. London: Pearson Education.
Strauss, J. & Frost, R., 2009. e-Marketing. Seventh ed. Ohio: Pearson.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & R.D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. A., Hanafi, I. & Adiono, R., 2015. Pengembangan Ekonomi Lokal Dalam Sektor Pertania. Administrasi Publik, 1 No. 4(Ekonomi Lokal), pp. 31-44.
Syakur, A., 2015. Siti Rahmania Rumaga, Arifin Utha dalam jurnal Strategi dalam meningkatkan penjualan kacang kulit menyatakan bahwa elemen strategi terdiri dari lima yaitu. Media Neliti.com, --(Ekonomi Lokal), pp. 131-144.
Tjiptono, F., 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Publisher.
Totonchi, J. & Kakamanshadi, G., 2012. Relationship Between Globalization and E-Comerce. International Journal of e Education, e Business, e Management and e-Learning, 2 No. 1(e Commerce), pp. -.
Wardani, K., 2015. Analisis Pola Persebaran Spesial Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sukoharjo. UNS, 6 No. 2(Digital UMKM), pp. 25-30.
Wong, J., 2010. Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Manggu, B. and Beni, S. (2019) “PELAKSANAAN e-MAR KETING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEBAGAI STRAGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS UMKM DI KOTA BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT”, Sebatik, 23(2), pp. 455–461. doi: 10.46984/sebatik.v23i2.798.