IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PEMASARAN RUMAH PT. RIKA BERSAUDARA SAKTI MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA BROSUR PERUMAHAN

Authors

  • Ekawati Yulsilviana STMIK Widya Cipta Dharma
  • Basrie Basrie STMIK Widya Cipta Dharma
  • Ary Wida Saputra STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v17i1.80

Keywords:

Augmented Reality, Pemasaran Rumah, Brosur, Marker Based Tracking

Abstract

Kebutuhan informasi dalam media promosi masih banyak menggunakan cara konvensional dan belum memadukan unsur-unsur teknologi modern. Augmented Reality (AR) adalah bidang penelitian komputer yang menggabungkan data grafis 3 dimensi dengan dunia nyata atau dengan kata lain realita yang ditambahkan ke suatu media. Media pemasaran yang digunakan oleh PT. Rika Bersaudara Sakti saat ini menggunakan media brosur yang berisi gambar 2 dimensi dan informasi tentang rumah yang dipasarkan sehingga banyak para pembeli yang kurang tertarik karena pembeli tidak bisa melihat bentuk rumah secara lagsung, namun akan sangat menarik jika gambar pada brosur disajikan dengan berbentuk 3 dimensi.

Implementasi augmented reality pemasaran rumah PT.Rika Bersaudara Sakti menggunakan metode marker based tracking pada brosur perumahan ini diawali dengan penginstalan software pendukung augmented reality yaitu ARToolKit. Merancang desain 3D objek rumah yang dipasarkan PT,Rika Bersaudara Sakti menggunakan Google SketchUp, merancang desain marker dan desain brosur perumahan PT. Rika Bersaudara Sakti menggunakan Adobe Photoshop CS4.

Berdasarkan hasil pengujian beta, Implementasi augmented reality pemasaran rumah PT.Rika Bersaudara Sakti menggunakan metode marker based tracking pada brosur perumahan ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk promosi kepada calon pembeli dan menarik sebagai media promosi yang memperlihatkan rumah-rumah yang dipasarkan PT. Rika Bersaudara Saktidengan cara yang lebih interaktif.

References

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Andriyadi, Anggi. 2012. Augmented Reality With ARToolkit. Jakarta: NulisBuku

Azuma, R.T. 2014. A Survey Of Augmented Reality. Presence : Teleoperators and Virtual Environments. Hughes Research Laboratories. Los Angeles

Billinghurst, Mark dkk. (2007). Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design. I dea Group Publishing. Idea Group Inc. United States of America.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Budiman, Arif. 2009. Pengertian Brosur. http://armyarif.blogspot.com/2009/12/pengertian-brosur.html. ( di akses Selasa, 7 Juni 2016 jam 11:15).

Chari, dkk. 2008. Augmented Reality Using Over Segmentation. Center for Visual Information Technology. International Institute of Information Technology. Telagana India.

Lailiyah, S., Andrea, R. and Yustina, M.D. 2016. Membangun Visualisasi 3d Gedung Stmik Widya Cipta Dharma Berbasis Augmented Reality Pada Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Sebatik. 15, 1 (Jan. 2016), 7-11.

Jogiyanto, Hartono. 2007. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2017-01-01

How to Cite

Yulsilviana, E., Basrie, B. and Saputra, A. W. (2017) “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PEMASARAN RUMAH PT. RIKA BERSAUDARA SAKTI MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA BROSUR PERUMAHAN”, Sebatik, 17(1), pp. 11–15. doi: 10.46984/sebatik.v17i1.80.

Issue

Section

Articles