PEMANFAATAN INTERNET BANKING DAN AUTOMATIC TELLER MACHINE TERKAIT PENINGKATAN USAHA OLEH PELAKU UMKM PASAR INDUK WONOMULYO

  • Nurul Fitri Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Qamariah Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Umkm, Perbankan, Internet Banking, Atm, Peningkatan Usaha.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pelaku UMKM Pasar Induk Wonomulyo terhadap penggunaan internet banking dan automatic teller machine terkait peningkatan usaha yang dijalankan, serta peningkatan pendapatan karena adanya kemudahan yang diberikan oleh pihak perbankan dalam bentuk fasilitas yang didukung dengan teknologi di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan selama 9 bulan (Maret-Novenber 2019) di Kecamatan Wonomulyo, yang dikhususkan pada Pasar Induk Wonomulyo sebagai lokasi penelitian. Penelitian menggunakan 52 responden yang terdapat di Pasar Induk Wonomulyio. Penelitian ini menemukan bahwa internet banking dan automatic teller machine (ATM) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan usaha pelaku UMKM di Pasar Induk Wonomulyo. Kondisi ini terjadi karena sebagian besar dari pelaku UMKM yang menjadi responden masih melakukan transaksi jual beli secara tradisional. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pelaku UMKM di Pasar Induk Wonomulyo kurang tersentuh revolusi industri 4.0, dimana pada revolusi industri 4.0 memicu adanya pemanfaatan smartphone dalam memudahkan dan meningkatkan hasil dari kegiatan/pekerjaan kita sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

2014. Penggunaan Teknologi Informasi Online Dalam Kecepatan Pelayanan Dan Pengamanan Pada Bank Bca Makassar (Sebuah Studi Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 3, No. 1.
Ansori, Aan. 2018. Sistem Informasi Perbankan Syari’ah. Jurnal Banque Syar’i Vol. 4 No. 1.
Dede D.N, Tyas S.A dan Karina O. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Menggunakan Layanan Internet Banking Mandiri. Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Universitas Telkom. Jurnal Manajemen, Vol.13, No.1.
Diana G. 2017. Analisis Pengaruh Automatic Teller Machine dan Short Message Service Banking terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer Vol.3 No.1.
Harlan, Dwimastia. 2014. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada Umkm Di Kota Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/16809/1/Full%20Skripsi.pdf
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler dan Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Robert K.D. 2013. Banking Innovation in Ghana: Insight of Students’ Adoption and Diffusion. Journal of Internet Banking and Commerce, Vol.18, No.3.
Suci, Yuli Rahmini. 2017. Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 6 No. 1.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
2014. Penggunaan Teknologi Informasi Online Dalam Kecepatan Pelayanan Dan Pengamanan Pada Bank Bca Makassar (Sebuah Studi Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 3, No. 1.
Ansori, Aan. 2018. Sistem Informasi Perbankan Syari’ah. Jurnal Banque Syar’i Vol. 4 No. 1.
Dede D.N, Tyas S.A dan Karina O. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Menggunakan Layanan Internet Banking Mandiri. Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Universitas Telkom. Jurnal Manajemen, Vol.13, No.1.
Diana G. 2017. Analisis Pengaruh Automatic Teller Machine dan Short Message Service Banking terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer Vol.3 No.1.
Harlan, Dwimastia. 2014. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada Umkm Di Kota Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/16809/1/Full%20Skripsi.pdf
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler dan Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Robert K.D. 2013. Banking Innovation in Ghana: Insight of Students’ Adoption and Diffusion. Journal of Internet Banking and Commerce, Vol.18, No.3.
Suci, Yuli Rahmini. 2017. Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 6 No. 1.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-12-01
How to Cite
Fitri, N. and Qamariah, N. (2019) “PEMANFAATAN INTERNET BANKING DAN AUTOMATIC TELLER MACHINE TERKAIT PENINGKATAN USAHA OLEH PELAKU UMKM PASAR INDUK WONOMULYO”, Sebatik, 23(2), pp. 469-475. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/800 (Accessed: 4April2020).