PENERAPAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA GAME EDUKASI TEBAK LAGU DAERAH KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Bartolomius Harpad Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Salmon Salmon Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Yohanes Rombe Paran Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Lagu Daerah, Edugame, Shuffle random

Abstract

Permainan adalah merupakan salah satu faktor yang bisa dibilang cukup penting dalam proses tumbuh kembang anak. Pemanfaatan dan penggunaan game tebak lagu daerah dan lirik lagu daerah dapat menunjang proses pembelajaran terhadap anak ketika ia ingin belajar sambil bermain tentang lagu daerah terkusus lagu daerah Kalimantan Timur. Game Edukasi Tebak Lagu dan Lirik Lagu Daerah Kalimantan Timur merupakan permainan Random Game yang dirancang untuk mengasah daya tanggap anak terhadap pengenalan lagu daerah Kalimantan Timur. Dalam permainan ini pemain harus menjawab soal dengan menebak judul lagu dan lirik lagu daerah Kalimantan Timur dimana pemain harus teliti dan cermat mendengar lagu ataupun menghafal lirik lagu daerah Kalimantan timur. Algoritma yang digunakan dalam pengacakan soal pada permainan ini yaitu algoritma shuffle Random, dengan tujuan membuat susunan posisi soal selalu teracak dan permainan menjadi tidak menoton dan membosankan.

References

Adnyana, M.A. 2011. Modul Swishmax. http : // ilmukomputer.org / 2008/11/ 25 /animasi-flashdengan-swishmax-2/. diakses pada tanggal 8 September 2012.
Andrea, Reza . 2015. Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up “ Find Me!-Bumi Etam”,Prosiding Senaik 2015, Yogyakarta : P3M STMIK Amikom.
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : Andi.
Eko Istiyanto, Jazi. 2013. Pemrograman Smart Phone menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 6 No. 1.
Hurd, Daniel, Jenuings, Erin, 2009. Standarized Educational Games Ratings : Suggested Criteria,London : Longman.
Nazruddin, Safaat. 2012. (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Harpad, B., Salmon, S. and Paran, Y. R. (2019) “PENERAPAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA GAME EDUKASI TEBAK LAGU DAERAH KALIMANTAN TIMUR”, Sebatik, 23(2), pp. 476–481. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/801 (Accessed: 25 April 2024).