PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.803Keywords:
hasil belajar, minat belajar, aktivitas belajar, model PBL, pendidikan ekonomiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Bengkayang pada mata pelajaran ekonomi setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA N 1 Bengkayang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes, observasi, dan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi dilakukan guna mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar, minat belajar dan aktivitas belajar dari kondisi awal hingga ke siklus II. Peningkatan hasil belajar yang didapat pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni hasil belajar pada siklus II sebesar meningkat menjadi 88,24% dari siklus I yakni 70,59%, sedangkan minat belajar siswa siklus I sebesar 67,65% meningkat menjadi 78,16 % pada siklus II dan aktivitas belajar siswa sebesar 80% pada siklus I meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Peningkatan tersebut menunjukkan keberhasilan penerapan model pembelajaran PBL, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas, minat, dan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran PBL telah berhasil dilakukan.
References
Eko. 2016. Ilmu-Ilmu Sosial SMA dan MA Kelas X. Jakarta: CV Merah Putih.
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1-13.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107.
Magdalena, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun AJaran 2015. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi UNS 299 SP-005-010. 13, pp. 299-306. Solo: Proceeding Biology Education Conference.
Mastufah. 2019. Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Attractive: Inovative Education Journal, 1(1), 40-53.
Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murdinar, H. E., Wahyono, H., & Haryono, A. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Produktif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 73-77.
Naisyah. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X3 SMA Negeri Bulukumba. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(1), 10-14.
Nur, B. N. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 12 Makassar. La Geografia, 17(1), 16-29.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17, Nomor 17 (Tahun 2010).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32, Nomor 32 (Mei 7, Tahun 2013).
Purnamasari, K. N. 2016. Penerapan Strategi Learning Start With a Quation (LSQ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-7 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1-12.
Purwanto, N. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Imiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(1), 67-74.
Rahmat, E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 144-159.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (2 ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article