PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (GO-JEK)

  • Musdalifah Musdalifah Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda
  • M Fauzan Noor Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan, gojek, transportasi online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online (gojek di wilayah sekitaran kecamatan Sungai Kunjang Provinsi Kalimantan Timur dengan responden sebanyak 109 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner terhadap pengguna jasa transportasi online (gojek). Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan harga dimana kualitas pelayanan diukur menggunakan lima indikator dan harga diukur menggunakan tiga indikator. Sedangkan variabel terikat kepuasan pelanggan diukur dengan menggunakan  Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan baik ketika diuji secar simultan dan parsial. Namun dari kedua variabel bebas ini yang dominan berpengaruh adalah kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan seiring berjalan dengan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya, Eva. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Experia Z Series Di Counter Manina Plaza Surabaya Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi.”
Kotler and keller. 2009. Manajemen Jasa. Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 3.
Mar’ati, Nafisa, and Tri Sudarwanto. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya).”
Mardikawati, Woro dan Farida, Naili. 2013. “Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi”.”
Rifaldi, Kadunci, and Sulistyowati. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/i Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta” 2.
Sintya, Intan, Lumintang, and S.L.H.V Lapian, Joyce. 2018. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Gojek Online Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado.” EMBA 6.
Tjiptono. 2008. “Kepuasan Pelanggan. PT. Erlangga, Indonesia.” PT. Erlangga, Indonesia Http://digilib.unpas.ac.id.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Triantoro, kurnia, Sudharto Hadi, and Sri Suryoko. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelangan Pengguna Jasa Kereta Api Menoreh Kelas Ekonomi Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang.” Diponegoro Journal of Social and Political, 1–10.
Utami, Chistrina Widya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2019-12-01
How to Cite
Musdalifah, M. and Noor, M. (2019) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (GO-JEK)”, Sebatik, 23(2), pp. 498-504. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/804 (Accessed: 4April2020).