PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MULAWARMAN

Authors

  • Mei Vita Romadon Ningrum Program studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mulawarman
  • Dewi Rosita Program Studi Pendidikan Komputer Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.808

Keywords:

Pengembangan, E-Learning, Moodle, Waterfall, Universitas Mulawarman

Abstract

E-Learning merupakan proses pembelajaran dimana penyampaian materi, diskusi dan kegiatan perkuliahan lainnya dilakukan melalui media elektronik. Dukungan infrastrukur jaringan komputer di Fakultas Kegurun dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (FKIP UNMUL) sangat mendukung untuk dikembangkan sarana belajar–mengajar berbasis e-Learning. Oleh karena itu diperlukan pengembangan akan konten pada e-learning yang berbasis website tersebut. Moodle adalah perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus, pelatihan dan pendidikan berbasis internet yang telah mendukung standar pendistribusian konten e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan E-learning berbasis Moodle di FKIP UNMUL sehingga dapat memberikan tambahan waktu yang berkualitas di luar jam kuliah dan menjadi alat bantu perkuliahan untuk penyampaian materi, tugas-tugas terstruktur dan diskusi dari mata kuliah. (2) melakukan evaluasi dari pengembangan e-Learning berbasis Moodle pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Waterfall. Pengujian pada sistem ini menggunakan pengujian blackbox dan whitebox. Hasil dari pengembangan e-learning ini adalah portal e-learning dengan nama E-Learning FKIP Universitas Mulawarman yang dapat diakses secara online melalui alamat https://elearningfkipunmul.com/. Hasil evaluasi menunjukan bahwa selama penelitiaan telah menunjukan hasil umpan balik (feedback) dari pengguna e-learning ini sudah pada kriteria BAIK dengan presentase sebesar 81%. Penelitian baru sampai pada tahap pengembangan e-learning, sehingga perlu diadakan penelitian lanjutan untuk penelitia tindakan kelas. Paket konten disusun berupa teks dan flash presentation, sehingga perlu dikembangkan untuk tipe lain seperti video on demand maupun video streaming. Perlu diadakan penelitian lanjutan untuk penerapan Knowledge Management Sytem pada E-Learning

References

Clark, R. C., & Mayer, E. R. 2008. Elearning and the science of instruction: provenguidelines for consumers and designers of multimedia learning (3rd ed.). San Francisco: Pfeiffer
Deni Darmawan. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
Gilbert, & Jones, M. G. 2001. E-learning is e-normous. Electric Perspectives, 26(3), 66-82
Hartanto, A.A dan Purbo, O.W. 2005. Teknologi E-Learning Berbasis php dan mysql, Jakarta: Elek Media Komputindo.
Heru Suhartanto. 2010. Strategi Implementasi Sistem E-Learning untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Indonesia. Artikel Ilmiah. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia.
Horton, W. 2001. E-learning by design. San Fransisco: Pfeiffer.
ILRT. 2005. Institute for learning & research technology of Bristol University. Retrieved 7 October 2005, from http://www.ilrt.bris.ac.uk/projects/elearning
Rosenberg, M. J. 2001. E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill.
Somantri, M. 2004. Implementasi e-Learning di Teknik Elektro FT Undip. Jurnal Transmisi. 8(2):28-30.
Surjono, Dwi Herman. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Edisi Kedua, UNY Press.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Ningrum, M. V. R. and Rosita, D. (2019) “PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MULAWARMAN”, Sebatik, 23(2), pp. 517–521. doi: 10.46984/sebatik.v23i2.808.