PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SELF EFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK DAN SHOWDOWN PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang)

Authors

  • Yosua Damas Sadewo Program Studi Kewirausahaan, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana
  • Pebria Dheni Purnasari Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana

Keywords:

Hasil Belajar, Self Eficacy, Model Carousel Feedback and Showdown, Pendidikan Kewirausahaan, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dan self efficacy siswa kelas X di SMA N 1 Bengkayang setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Carousel Feedback and Showdoun. Penerapan model Carousel Feedback and Showdoun merupakan solusi dari permasalahan yang terjadi di kelas yakni hasil belajar serta self efficacy siswa yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 1 Bengkayang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis tes, observasi, dan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh berdasarkan tes selanjutnya dianalisis guna diketahui ketuntasan belajar siswa, selanjutnya self efficacy diukur melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan maka diketahui adanya peningkatan hasil belajar dan self efficacy. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 55,56%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 22,23% dari kondisi awal di mana ketuntasan hanya mencapai 33,33%. Hasil analisis ketuntasan belajar siklus II diketahui bahwa ketuntasan siswa mencapai 83,33% sehingga ketuntasan ini melampaui indikator ketuntasan yang ditentukan. Adapun peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 27.77%. Selain adanya peningkatan hasil belajar juga terjadi peningkatan self efficacy diri yakni dari 73,56% menjadi 85,34%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Carousel Feedback and Showdoun mampu meningkatkan hasil belajar dan self efficacy siswa kelas X pada mata pelajaran kewirausaahaan di SMA N 1 Bengkayang.

References

Effendi, A., Soetjipto, B. E., & Widiati, U. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model TSTS and Carousel Feedback to Enhance Motivation and Learning Outcome for Social Studies. IOSR Journal of Research & Method in Education, 131-136.
Erickson, S. M., & Laing, W. 2016. A Case Study In Connecting Academia with Bussiness. Journal of Entrepreneurship Education, 19(1), 1-8.
Hidayat, D. R. 2011. Teori dan Aplikasi: Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.
Israwati. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Awal SD Negeri 24 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 87-90.
Kagan, S., & Kagan, M. 2009. Cooperative Learning. California: Kagan Publishing.
Martha, J. A. 2015. Peningkatan Hasil Belajar, Aktivitas, Efikasi Diri Melalui Pembelajaran Model Carousel Feedback dan Showdown Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 68-75.
Rustika, I. M. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1), 18-25.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. 2018. Hambatan dan Tantangan Program Studi Kewirausahaan di Wilayah Perbatasan. Mabis, 8(1).
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. 2019. Peran Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berwirausaha Mahasiswa STIM Shanti Bhuana. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(1), 32-38.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Dimmera, B. G. 2019. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Ketahanan Nasional dan budaya Amare. Makasar: PT. Tohar Media.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. Terjemahan oleh Eva Hamidah dan Rahmat Fajar. (E. H. Fajar, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wiranto, S. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 454-466.
Yusmanto, H., Soetjioti, B. E., & Djatmika, E. T. 2017. The Aplication of Carousel Feedback and Rond Table Cooperative Learning Models to Improve Student's Higher Order Thingking Skills (HOTS) and Social Studies Learning Outcomes. International Education Studies, 10(10), 39-49.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Sadewo, Y. D. and Purnasari, P. D. (2019) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SELF EFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK DAN SHOWDOWN PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang)”, Sebatik, 23(2), pp. 522–527. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/809 (Accessed: 23 April 2024).