PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN PRESENTASI MENARIK DAN INTERAKTIF BAGI GURU PKBM NEGERI 27 PETUKANGAN DENGAN PELATIHAN MICROSOFT POWER POINT
PROGAM PENGABDIAN MASYARAKAT:
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.810Keywords:
PKBM 27, Pelatihan Komputer, Materi Pelajaran, Microsoft PowerPoint, Keterampilan GuruAbstract
PKBM Negeri 27 Petukangan adalah salah satu pendidikan nonformal yang menjadi wadah pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat yang memiliki kegiatan PAUD, program pendidikan kesetaraan (Paket A, Paket B, Paket C) dan pendidikan keterampilan yang berlokasi di Jakarta Selatan. Dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan keterampilan bagi guru untuk menyajikan materi pelajaran kepada siswa dengan tampilan interaktif dan menarik supaya siswa dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Namun saat ini guru kurang menguasai Microsoft Power Point dan mitra tidak memiliki tenaga pelatih yang menguasai aplikasi komputer serta belum memiliki fasilitas komputer untuk mengadakan pelatihan komputer. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru cara membuat presentasi bahan ajar lebih menarik dan interaktif bagi siswa dan meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Universitas Budi Luhur dengan PKBM sebagai mitra. Metode yang digunakan adalah survey, wawancara, pemberian materi dan praktikum serta menyebarkan kuesioner sebagai feedback dari mitra dan evaluasi kegiatan PKM. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi presentasi dengan Microsoft Power Point berjalan dengan baik dan terbukti meningkatkan keterampilan guru di PKBM Negeri 27 Petukangan ini terbukti dengan adanya hasil evaluasi kegiatan yang menunjukkan bahwa 50% menyatakan setuju isi materi pelatihan jelas dan mudah dipahami, 62% sangat setuju contoh latihan jelas dan mudah dipahami, 50% menyatakan setuju instruktur dan asisten instruktur membantu peserta memahami materi dengan baik, 50% menyatakan sangat setuju fasilitas laboratorium komputer sesuai dengan kebutuhan.
References
Harmanto, B. 2015. Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital. Seminar Nasional Pendidikan (Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan). Ponorogo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 1–6.
Kemdikbud. 2019. Mendikbud Dorong Pengembang Teknologi Pembelajaran Lebih Kreatif dan Inovatif, Kemdikbud.go.id. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/mendikbud-dorong-pengembang-teknologi-pembelajaran-lebih-kreatif-dan-inovatif (Accessed: 1 October 2019).
Nahlah, N. et al. 2018. PKM Service For Teachers Group In Improving Their Microsoft Office Skills at SMA NEGERI 10 Makassar. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M) 2018. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang, 4–9.
Nurhadi, Santoso and Kasijanto. 2018. Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru-Guru PAUD di Wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan Pelatihan Komputer dan Multimedia. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks ‘SOLIDARITAS’, 1(1), 1–8.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf.
Sagala, S. 2017. Konsep dan makna pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. 13th edn. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 11th edn. Jakarta: Kencana, Prenada Media Grou.
Shedriko, Setiawan, H. S. and Kusmayadi. 2018. Perangkat Lunak PowerPoint Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD DAN SMP 19 Muhammadiyah Sawangan Depok. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151–158.
Simanjuntak, P. and Handoko, K. 2019. Pembinaan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi pada Masyarakat Pulau Temoyong Batam Kepulauan Riau. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article