PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN PRESENTASI MENARIK DAN INTERAKTIF BAGI GURU PKBM NEGERI 27 PETUKANGAN DENGAN PELATIHAN MICROSOFT POWER POINT
PROGAM PENGABDIAN MASYARAKAT:
Abstract
PKBM Negeri 27 Petukangan adalah salah satu pendidikan nonformal yang menjadi wadah pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat yang memiliki kegiatan PAUD, program pendidikan kesetaraan (Paket A, Paket B, Paket C) dan pendidikan keterampilan yang berlokasi di Jakarta Selatan. Dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan keterampilan bagi guru untuk menyajikan materi pelajaran kepada siswa dengan tampilan interaktif dan menarik supaya siswa dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Namun saat ini guru kurang menguasai Microsoft Power Point dan mitra tidak memiliki tenaga pelatih yang menguasai aplikasi komputer serta belum memiliki fasilitas komputer untuk mengadakan pelatihan komputer. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru cara membuat presentasi bahan ajar lebih menarik dan interaktif bagi siswa dan meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Universitas Budi Luhur dengan PKBM sebagai mitra. Metode yang digunakan adalah survey, wawancara, pemberian materi dan praktikum serta menyebarkan kuesioner sebagai feedback dari mitra dan evaluasi kegiatan PKM. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi presentasi dengan Microsoft Power Point berjalan dengan baik dan terbukti meningkatkan keterampilan guru di PKBM Negeri 27 Petukangan ini terbukti dengan adanya hasil evaluasi kegiatan yang menunjukkan bahwa 50% menyatakan setuju isi materi pelatihan jelas dan mudah dipahami, 62% sangat setuju contoh latihan jelas dan mudah dipahami, 50% menyatakan setuju instruktur dan asisten instruktur membantu peserta memahami materi dengan baik, 50% menyatakan sangat setuju fasilitas laboratorium komputer sesuai dengan kebutuhan.
Downloads
References
Harmanto, B. 2015. Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital. Seminar Nasional Pendidikan (Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan). Ponorogo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 1–6.
Kemdikbud. 2019. Mendikbud Dorong Pengembang Teknologi Pembelajaran Lebih Kreatif dan Inovatif, Kemdikbud.go.id. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/mendikbud-dorong-pengembang-teknologi-pembelajaran-lebih-kreatif-dan-inovatif (Accessed: 1 October 2019).
Nahlah, N. et al. 2018. PKM Service For Teachers Group In Improving Their Microsoft Office Skills at SMA NEGERI 10 Makassar. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M) 2018. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang, 4–9.
Nurhadi, Santoso and Kasijanto. 2018. Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru-Guru PAUD di Wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan Pelatihan Komputer dan Multimedia. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks ‘SOLIDARITAS’, 1(1), 1–8.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf.
Sagala, S. 2017. Konsep dan makna pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. 13th edn. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 11th edn. Jakarta: Kencana, Prenada Media Grou.
Shedriko, Setiawan, H. S. and Kusmayadi. 2018. Perangkat Lunak PowerPoint Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD DAN SMP 19 Muhammadiyah Sawangan Depok. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151–158.
Simanjuntak, P. and Handoko, K. 2019. Pembinaan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi pada Masyarakat Pulau Temoyong Batam Kepulauan Riau. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20–23.
The copyright of this article is transferred to SEBATIK and STMIK Widya Cipta Dharma, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the SEBATIK. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to SEBATIK. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.