SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF MANAJEMEN DATA KINERJA DOSEN PRODI TEKNIK INFORMATIKA STMIK NURDIN HAMZAH

Authors

  • Sukma Puspitorini Prodi Teknik Informatika STMIK Nurdin Hamzah
  • Reny Wahyuning Astuti Prodi Teknik Informatika STMIK Nurdin Hamzah
  • Fikri Al Hakim Prodi Teknik Informatika STMIK Nurdin Hamzah

Keywords:

Data Kinerja Dosen, Sistem Informasi Eksekutif, Teknik Informatika, STMIK Nurdin Hamzah, Web

Abstract

Pengolahan data kinerja dosen merupakan salah satu bagian dalam proses penyusunan Borang 3A pada Akreditasi Program Studi yang dilakukan secara periodik oleh Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta . Hal tersebut juga dilakukan oleh Prodi Teknik Informatika (Prodi TI) STMIK Nurdin Hamzah (STMIK NH) setiap semester sebagai bagian dari proses manajemen berkas data tridharma dosen yang meliputi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Selama ini proses pengolahan data kinerja dosen pada Prodi TI STMIK NH dilakukan tanpa menggunakan suatu sistem khusus yang terkomputerisasi sehingga mengurangi efisiensi proses pengolahan data kinerja dosen secara keseluruhan. Sistem Informasi Eksekutif Pengolahan Data Kinerja Dosen Program Studi Teknik Informatika STMIK Nurdin Hamzah merupakan sebuah sistem informasi yang dibangun berbasis web yang dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah proses pengolahan data maupun berkas terkait kinerja dosen Prodi TI secara keseluruhan dan mengatasi kekurangan yang ada pada sistem yang selama ini masih berjalan. Sistem baru yang dikembangkan akan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, perangkat lunak manajemen basis data MySQL, serta framework CodeIgniter dan Bootstrap. Data input meliputi data diri dosen, data aktivitas Tri Dharma dosen, dan data penunjang lainnya. Data keluaran (output) yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi pengolahan data kinerja dosen Prodi TI STMIK Nurdin Hamzah yaitu informasi terkait kinerja dosen yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan laporan dalam bentuk teks yang disusun berdasarkan data dan berkas penunjang yang telah dikumpulkan oleh setiap dosen. Adapun laporan yang dihasilkan meliputi laporan kinerja individual dosen dan laporan kinerja seluruh dosen Prodi TI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang terkomputerisasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengolahan data kinerja dosen serta proses penyusunan borang akreditasi Prodi TI secara keseluruhan.

References

Achmad, a.d., penggunaan data sistem informasi akademik (siak) dan sistem informasi penilaian angka kredit (pak) dari server database berbeda ke dalam sistem informasi eksekutif menggunakan metode web service. Jurnal it vol 9 no.3 desember 2018, hal 188-192. Tersedia melalui <https://lppm-stmikhandayani.ac.id/index.php/jti/article/view/57/53> [diakses 7 november 2019].
Amin, a., puspitorini, s., dan purnama, f., sistem informasi alumni program studi teknik informatika stmik nurdin hamzah berbasis web. Jurnal fortech vol.01 no.02, november 2017.
Bakhri, s. Dan nuryamin, y,. 2018. Rancangan data warehouse untuk penunjang sistem informasi eksekutif pada yayasan ummu’l qurodi depok. Jurnal teknik komputer, vol.4 no.1 februari 2018. Tersedia melalui <http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/2498/1917>. [diakses 21 oktober 2019].
Hutahaean, j., 2015, konsep sistem informasi, yogyakarta: deepublish.
Mahyuni, dkk., perancangan sistem pengolahan data pada sma negeri 6 kabupaten tebo. Jurnal ilmiah media sisfo, viii (3), 180-187
Mulia,m.t., komara, h., putra, s.i., mulyanto, f., dan subarkah, f., 2018. Pengembangan sistem informasi eksekutif dengan dukungan web service. Studi kasus: fakultas teknik unpas. Tersedia melalui < http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/453/378> [diakses 21 oktober 2019].
Permanasari, r., setyaningrum, r.m., dan sundari, s. 2014. Model hubungan kompetensi, profesionalisme dan kinerja dosen. Jurnal bisnis, manajemen & perbankan vol. 1 no. 2 edisi september 2014:157-174. Tersedia melalui < http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jbmp/article/view/270/255> [diakses 19 oktober 2019]
Pradana, m., perencanaan skema sistem informasi untuk aktivitas manajemen. Jurnal ekombis review vol.4 no.1 tahun 2016. Tersedia melalui <https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/155> [diakses 11 november 20019]
Sutabri, t., 2012, analisis sistem informasi, penerbit andi, yogyakarta
Widiastuti, n.i & susanto, r. 2014. Kajian sistem monitoring dokumen akreditasi teknik informatika unikom. Majalah ilmiah unikom, vol. 12, no. 2, hh. 195-201. Tersedia melalui < https://jurnal.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/volume-12-2/07-miu-12-2-nely.pdf/pdf/07-miu-12-2-nely.pdf>

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Puspitorini, S., Astuti, R. W. and Hakim, F. A. (2019) “SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF MANAJEMEN DATA KINERJA DOSEN PRODI TEKNIK INFORMATIKA STMIK NURDIN HAMZAH”, Sebatik, 23(2), pp. 624–632. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/819 (Accessed: 24 April 2024).