STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM “ENJOY JAKARTA” OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.821Keywords:
Enjoy Jakarta, PR Excellent, City BrandingAbstract
Pariwisata di Indonesia saat ini sedang berlari cepat untuk meningkatkan wisatawan karena Kementerian Pariwisata Indonesia tahun 2019-2020 targetnya adalah 20 juta wisatawan yang datang ke Indonesia. Jakarta merupakan Ibukota Indonesia dimana semua aktivitas berpusat di Jakarta. Suatu kota pasti mempunyai strategi pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di kota nya. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sudah melakukan sosialisasi sadar wisata ke masyarakat Jakarta untuk lebih mencintai dan peduli terhadap kotanya. Teori PR Excellent menyampaikan suatu komunikasi dua arah antara organisasi kepada publiknya - publik kepada organisasi dan simetris, hal ini sudah cukup dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, akan tetapi jika city branding Jakarta yaitu Enjoy Jakarta ingin lebih terkenal maka banyak hal lainnya yang dapat dilakukan sehingga citra Jakarta bisa dikenal lebih baik lagi.
References
Antara. 2016, September 25 . Tahun 2019 Pariwisata Diproyeksi Hasilkan Devisa Terbesar Bagi Indonesia. Diperoleh dari http://traveling.bisnis.com/read/20160925/224/586750/tahun-2019-pariwisata-diproyeksi-hasilkan-devisa-terbesar-bagi-indonesia
Ardianto, E. 2014 . Metodologi penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media
Berita Jakarta, 2016 . Diperoleh dari http://www.beritajakarta.com/read/32940/DKI_Selaraskan_Branding_Wisata_dengan_Pemerintah_Pusat#.V-kru60UbIU
Butterick, K. 2014 . Pengantar Public Relations: Teori dan Public Praktik. Jakarta, Indonesia: RajaGrafindo Persada.
Cahyadi, R. 2012 . Aplikasi Cagar Budaya di Wilayah DKI Jakarta pada platform android. Diperoleh dari http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5204/1/Jurnal%20Ilmiah.pdf
Cangara, H. 2010 . Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta, Indonesia: RajaGrafindo Persada
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, 2017 . Jakarta, Indonesia
Effendy, O. U. 2006 . Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya
Endraswara, S. 2006 . Metodi, Teori, Teknik, Penelitian Kebudayaan, Ideologi, Epistemologi dan Aplikasi. Sleman, Indonesia: Pustaka Widyatama.
Enjoy Jakarta, Data & Statistics. The Number of foreign tourist maret 2016. Diperoleh dari http://www.jakarta-tourism.go.id/data-statistics
Fauzie, H., Katjong, B. L., & Aini, Q. 2012 . Pengembangan kios informasi pariwisata propinsi daerah khusus ibukota Jakarta. Diperoleh dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/download/3021/2396
Gassing, S. S. & Suryanto. 2016 . Public Relations. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset
Grunig. L. E., Grunig. J. E., & Dozier, D. M. 2002 . Public Relations and effective Organizations. Newyork, USA: Routledge
Havid W, K. 2009 . Peran Humas Untuk Mengangkat Citra Pemerintahan Kota Surakarta. Diperoleh dari https://eprints.uns.ac.id/5320/1/431_ secured .pdf
Intyaswono, S., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. 2016 . Peran Strategi City Branding Kota Batu Dalam Trend Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara: studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Diperoleh dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1188
Istijanto. 2009 . Praktis Riset Pemasaran: cara praktis meneliti konsumen & pesaing. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama
Jakarta.go 2017 Rencana Strategi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013-2017 Diperoleh dari
http://www.jakarta.go.id/v2/uploads/embed/renstra/EKONOMI/pariwisata/files/res/downloads/book.pdf
Jakarta Pedia 2015, November Tugas, fungsi dan struktur organisasi Diperoleh dari http://jakartapedia.bpadjakarta.net/index.php/Dinas_Pariwisata_dan_Kebudayaan_Provinsi_DKI_Jakarta
Juliand, A., Irfan., & Manurung, S. 2014 . Metodologi Penelitian Bisnis: konsep dan aplikasi. Medan, Indonesia: OMSU Press.
Kartajaya, H. 2016 dalam pembekalan “Marketing Jakarta” Abang None DKI Jakarta
Kertopati, L. 2016, September 5 . Bulan Juli, Satu Juta Wisman Kunjungi Indonesia. Diperoleh dari CNN Indonesia, http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160905204511-269-156286/bulan-juli-satu-juta-wisman-kunjungi-indonesia/
Komunika Warta Ilmiah Populer Komunikasi Dalam Pembangunan. 2006 . Transformasi Usaha Industri Media Massa. Jakarta, Indonesia: LIPI
Kriyantono, R. 2006 . Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Indonesia: Kencana
Mahendra, A. 2017 . Buku Panduan Pemilihan Abang None Jakarta Timur. Jakarta, Indonesia.
Maskur. 2015 . Manajemen humas pendidikan islam: teori dan aplikasi. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish
Nova, F 2009 . Crisis Public Relations. Jakarta, Indonesia: Grasindo
Nurjaman, K,. & Umam, K. 2012 . Komunikasi & Public Relations. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia
Nurudin. 2016 . Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Jakarta, Indonesia: RajaGrafindo Persada.
Pawito. 2008 . Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta, Indonesia: LKIS Yogyakarta.
Perhumas Untuk Indonesia. 2008 . Branding The Nation studi kasus Public Relations Indonesia. Jakarta, Indonesia: BPP PERHUMAS
Ruslan, R 2016 . Etika Kehumasan konsepsi & aplikasi. Jakarta, Indonesia: Grasindo
Winfield, J. 2005 , The Branding Cities, exploring city branding the importance of brand image. USA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article