STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Authors

  • Nur Chanifah Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya

Keywords:

Strategi Implementasi, model pendidikan karakter, pembelajaran, pendidikan Agama Islam, Universitas Brawijaya

Abstract

Pendidikan tinggi telah memiliki payung hukum dalam pelaksanaan pendidikan Karakter. Sebagai upaya konkrit ke arah solusi, telah ditetapkan suatu Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Untuk itu, Universitas Brawijaya, melalui Pusat Matakuliah Pengembangan Kepribadian (PMPK) telah merancang model pendidikan karakter. Masalahnya adalah bagaimana fakultas mengimplementasikan model tersebut. Untuk itu, kajian ini difokuskan pada implementasi model pendidikan karakter di Fakultas Hukum. Penelitian ini tergolong dalam studi kasus. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya berprinsip on going analysis dengan tahapan analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter di Universitas Brawijaya terintegrasi dalam terintegrasi dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan pendidikan yang meliputi kegiatan kurikuler, ko kurikuler, dan ekstra kurikuler, penelitian , dan pengabdian masyarakat. Karakter yang dikembangkan adalah karakter kreatif, entrepreneur, religius, dan nasionalis. Sedangkan strategi implementasinya di fakultas hukum diintegrasikan ke dalam beberapa kegiatan, yaitu kegiatan kurikuler, ko kurikuler, dan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler mencakup pengembangan RPS, materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Untuk kegiatan ko kurikuler diimplementasikan dalam kegiatan bimbingan membaca al-Quran di Masjid Raden Patah, tutorial, pelatihan shalat khusyu’ dan pelatihan perawatan jenazah. Sedangkan kegiatan ekstra kurikuler diintegrasikan dalam PKM, UKM FORSA, dan kajian di masjid Raden Patah.

References

Chanifah, N. 2019. akhlak mahasiswa. Malang: Universitas Brawijaya.
Chanifah, N. 2015. Desain Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Umum. Seminar nasional Riset Inovatif III. Bali: Undiksha.
Chanifah, N. 2015. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Urwatul Wutsqa .
Chrisiana, W. 2019. puslit.petra.ac.id. Retrieved juni 2017, from puslit.petra.ac.id: http://puslit.petra.ac.id/journals/industrial
Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press.
Luneto, B. 2017. pendidikan karakter berbasis IQ, EQ, dan SQ . gorontalo: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir.
Muhdar, H. 2013. Pendidikan Karakter menuju SDM Paripurna. al-Ulum , 103-128.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustafa, A. 2013. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter bangsa tahun 2010-2025. Bali: Kemenristek Dikti.
Narvaez, L. P. 2014. Handbook of Moral and Character education. Bandung: Nusa Media.
Nasir. 2013. Pengembangan Pendidikan karakter berbasis budaya lokal di SMP Negeri 2 Kendari. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ridho. 2016. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (Studi Evaluatif di STKIP Sungai Penuh) . Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan .
Suherman, A. 2018. The Implementation Of Character Education Values In Integrated Physical Education Subject In Elementary School. SHS Web of Conferences 42, 00045 . https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200045 GC-TALE 2017.
Susanti, R. 2013. Jurnal al-Ta'lim , Penerapan Pendidikan Karakter di kalangan mahasiswa.
W Wage, A. S. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam .
Walid, M. 2011. MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM (Studi tentang Pendidikan Karakter Berbasis Ulul albab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). el-Qudwah .
Wilhelm Von Humboldt, C. J. 2015. Some Thoughts on Character Education for Today’s University. Journal Of Character Education .
Winarni, S. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter .

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Chanifah, N. (2019) “STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BRAWIJAYA”, Sebatik, 23(2), pp. 646–653. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/822 (Accessed: 26 April 2024).