POLA PENENTUAN STATUS PEMINJAMAN DENGAN ALGORITMA PERCEPTRON

  • Syafri Arlis Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Darma Syahrullah Ekajaya Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Musli Yanto Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK
Keywords: Koperasi, Algorima, Variabel, Jaringan Saraf Tiruan, Perceptron

Abstract

Pada setiap penentuan pemberian dana pinjaman koperasi yang dilakukan, pada umumnya memiliki sistem yang sama dengan melihat data-data yang diajukan oleh pihak peminjam sebelumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mampu mengenali pola pemberian status peminjaman yang akan diberikan oleh pihak koperasi dengan mengkobinasikan konsep ilmu pada jaringan saraf tiruan algoritma perceptron. Algoritma ini sangat cocok dalam mengenali pola yang berkerja dengan melakukan pelatihan jaringan berdasarkan variabel-variabel dari data yang digunakan pada jaringan. Dalam proses pelatihan yang dilakukan jaringan, penulis menggunakan alat bantu software matlab. Hasil penelitian yang didapat akan mampu memberikan masukan pada pihak pengelola koperasi dalam memberikan status pemberian dana pinjaman yang lebih terkonsepdan tersistem agar proses pemberian status peminjaman lebih cepat dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khairil Fitryadi dan Sutikno Sutikno, 2016, Pengenalan Jenis Golongan Darah Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron, jurnal masyrakat informatika Jmasif, Vol: 7, No: 1.
Musthof, Muhammad Ulinnuha, 2017, Analisis Jaringan Saraf Tiruan Model Perceptron Pada Pengenalan Pola Pulau di Indonesia,Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA (JITIKA),Vol.11, No.1
Yanto, Musli, 2018, Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron Untuk Penentuan Pola Sistem Irigasi Lahan Pertanian Di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatra Barat, Jurnal Sebatik Vol. 22, No. 2.
Hartantri Riski Fernanfya dan Ardi Pujiyanta, 2014, Deteksi Penyakit dan Serangan Hama Tanaman Buah Salak Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Dengan Metode Perceptron,Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol. 2, No. 2, ISSN: 2338-5197.
Rini Sovia, Musli Yanto, 2018, Jaringan Syaraf Tiruan Analisa Pengaruh Gizi Buruk Terhadap Perkembangan Balita Algoritma Perceptron, Jurnal Media Sisfo.
Rimico Adyaksyah dan M Isa Irawan, 2012, Perancangan Sistem Kriptanalisis RSA Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan, JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 1, No. 1, (2012) 1-6.
S. Didik Rahadi, Fitri, dan Onny Setyawati, 2013, Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Penentuan Status Gizi Balita Dan Rekomendasi Menu Makanan Yang Dibutuhkan, Jurnal EECCIS, Vol.7, No.2.
Fc. Lucky Laura Van, 2016,Klasifikasi Gaya Belajar Visual-Audiotorykinesthetic (V-A-K) Mahasiswa Berbasis Jstmenggunakan Algoritma Perceptron, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 7 , Nomor 1.
Published
2019-12-01
How to Cite
Arlis, S., Ekajaya, D. and Yanto, M. (2019) “POLA PENENTUAN STATUS PEMINJAMAN DENGAN ALGORITMA PERCEPTRON”, Sebatik, 23(2), pp. 619-623. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/823 (Accessed: 4April2020).