PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA TERBAIK PADA SMA CENDERAWASIH 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB

  • Jerry Prabu Setya Adi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Windarto Windarto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Pemilihan Siswa Terbaik, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Pemilihan siswa terbaik di SMA Cendrawasih 2 Tangerang dilakukan disetiap tahun menjelang kenaikan kelas dengan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh pihak sekolah. Sehingga siswa yang belajar, berpeluang sama untuk mendapatkan hadiah atau penghargaan atas pencapaian terbaiknya. Beberapa masalah ketika pemilihan siswa terbaik dilakukan, misalnya masih dilakukan dengan cara yang manual. Selain itu, kriteria yang dipakai dalam pemilihan siswa terbaik hanya satu. Hal ini memungkinkan terpilihnya siswa yang tertuju ke sasaran yang tidak akurat, dikarenakan nilai akhir satu siswa dengan siswa lainnya bisa dimungkinkan sama. Metode Simple Additive Weighting (SAW) ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah pemilihan siswa terbaik pada SMA Cenderawsih 2. Dengan metode perangkingan tersebut diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih cepat, akurat dan objektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, Fara dan, Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Elistri, M., Wahyudi, J. and Supardi, R. (2014). Penerapan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma, Jurnal Media Infotama Penerapan Metode SAW, 10(2), pp. 1858-2680.
Fitri, N. Y. and Nurhadi. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada SMK Yadika Jambi, 2(2302–3805), pp. 318–326.
Nuril, H and Firdaus, W. (2015). Penilaian Prestasi Kerja Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. 2, pp. 41-48.
Rikki, A., Murni, M., and Jonson, R.(2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode SAW Pada PT. Karya Sahata Medan, Journal of Informatics Pelita Nusantara, 1(1), pp. 38-46.
Sihombing, R., Perdana, A., Solikhun, and Hartama, D. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik pada SMK Maria Goretti Pematangsiantar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), 1(1).
Situmorang, H. (2015) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Peserta Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Tanjung Pura Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)’, IV(2), pp. 24–30.
Sonata, F. (2016). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Proses Fuzzifikasi dalam Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(2), pp. 71-80
Subakti, Irfan. (2002). Sistem Pendukung Keputusan. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya. diakses pada 14 Nopember 2019.
Uswatun, N. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada PT Ipro Solusi Canggih Berbasis Web. Jakarta; Novia Uswatun Nur Indahsari.
Utomo, M. (2015). Penerapan Metode SAW Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Beasiswa Pada SMA Negeri 1 Cepu Jawa Tengah. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.
Vidi and Gunawan. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kandidat Kepala Divisi Yayasan Airlangga Balikpapan Dengan Metode Simple Additive Weighting, 1(2), pp. 59-64.
Published
2019-12-01
How to Cite
Adi, J. and Windarto, W. (2019) “PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA TERBAIK PADA SMA CENDERAWASIH 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB”, Sebatik, 23(2), pp. 534-540. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.826.