ANALISA RESOURCE-BASED VIEW STRATEGY STUDI KASUS PADA STMIK WIDYA CIPTA DHARMA SAMARINDA

  • Ahmad Fajri Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Bagus Satria Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Muhammad Fahmi Universitas AMIKOM Yogyakarta
Keywords: Resource Based View Strategy, Industrial organization, Externally Driven, Internally Driven

Abstract

Konsep resource-based view yang memiliki peran penting bagi manajemen strategik. Konsep tersebut menyatakan bahwa organisasi akan mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan apabila memiliki sumberdaya yang bernilai, unik, langka dan sulit ditiru. Resource-based view menekankan pada faktor internal organisasi dan mengkritik pendekatan industrial organization yang menekankan pada faktor eksternal organisasi. Berdasarkan resource-based view, organisasi dapat menentukan strategi yang akan dilakukannya sesuai dengan kapabilitas organisasi.

Dalam konteks bisnis, strategi-strategi dilaksanakan berdasarkan operasi perguruan tingi dari waktu ke waktu merupakan refleksi keputusan kunci yang dibuat sesuai dengan pengalokasian dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki serta penyelara- san lingkungan bisnis yang dihadapi.

Pada dasarnya setiap perguruan-tinggi memiliki strategi untuk menjalankan aktivitas-nya, terlepas strategi tersebut di-laksanakan dalam bentuk formal maupun informal. Perlu diketahui dalam mengkaji strategi bisnis, strategi yang diterapkan di setiap perguruan tinggi memiliki per-bedaan bahkan antar situasi dan kondisi yang dihadapi. Upaya yang dilakukan perguruan-tinggi untuk mengungguli para pesaing dapat dilakukan dengan menerapkan strategi bersaing. Penerapan strategi bersaing ini mengarahkan perguruan-tingi untuk memfokuskan pada posisi kompetitifnya di STM IK Widya Cipta Dharma.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatan, L. dan L. Ellitan. (2009). Strategi Bersaing: Konsep, Riset, dan Instrumen. Alfabeta Bandung.

Dirgantara, Harya B. (2014). Pembangunan IT Strategic Planning Sebagai Penunjang Aktivitas Bisnis Studi Kasus Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta. Kalbiscientia Vol. 1, No. 1, 13-25.

Gustavsson, Albin & Johansson, Jonathan. Practicing the Resource Based View: Learning to Play the Song
of “Theory in Practice” https://gupea.ub.gu.se/bitstream/2077/47824/1/gupea_2077_47824_1.pdf

Hermann, F., A. Kessler, dan M. Fink. (2010). Entrepreneurial Orientation and Business Performance: A Replication Study. Strategic Business Review 62: 175-198.

Jimmy, Foris P. dan Mustamu, Ronny H. (2015). Analisis Strategi Pada Perusahaan Plastik Dengan Porter Five Forces. Agora Vol. 3, No.1, 736-741.

Prasetyo, Whedy . (2008). Strategi Resource-Based dan Inovasi dengan Pendekatan Biaya Daur Hidup Produk Untuk Mencapai Keunggulan Daya Saing. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 12 No. 3 , 241-260.

Suardhika, I. Nengah . (2012). Model Integrasi dalam Resource-Based View Untuk Penerapan Strategi Bersaing dan Pencapaian Kinerja Usaha. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 16, No 1, 63-83.

Susena, Edy., Utami, Ema., Sunyoto, Andi. (2015). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Smart Campus Untuk Meningkatkan Pelayanan di Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta Vol. 1 No. 3
Published
2017-06-01
How to Cite
Fajri, A., Satria, B. and Fahmi, M. (2017) “ANALISA RESOURCE-BASED VIEW STRATEGY STUDI KASUS PADA STMIK WIDYA CIPTA DHARMA SAMARINDA”, Sebatik, 18(1), pp. 1-4. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/83 (Accessed: 21October2021).
Section
Articles