PENERAPAN VALUE DISCIPLINE STRATEGY PADA BANK KALTIM CABANG TANA PASER
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v18i1.84Keywords:
Value Disciplines, Operational Excellence,Product Leadership,Customer Intimacy, Bank.Abstract
Bank Daerah saat ini diharapkan mampu bersaing dengan bank-bank swasta dalam meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat, selain untuk dapat menghimpun dana masyarakat di daerah tersebut. Bank Kaltim Cabang Tana Paser yang merupakan bank daerah di Kabupaten Tana Paser terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya dalam bentuk pelayanan produk dan jasa. Sesuai dengan visinya “Menjadi The True Regional Champion yang Kuat, Kompetitif dan Kontributif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas”, Bank Kaltim Cabang Tana Paser membutuhkan suatu strategi bisnis untuk mencapai visi tersebut yaitu dengan menggunakan Value Discipline Strategy. Value discipline strategy atau bisa disebut disiplin nilai pertama kali dikemukakan oleh seorang presiden dari perusahaan Treacy yaitu Michael Treacy dan Fred Wierseam. Pada dasarnya, teori ini menekankan pentingnya identifikasi terhadap segmen pasar (market segment). Menurut pand angan ini, ada tiga segmen generik, diantaranya adalah Operational Excellence,Product Leadership,Customer Intimacy. Untuk dapat menentukan jenis strategi yang tepat, maka dibutuhkan suatu analisis baik dari faktor eksternal dan internal. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa jenis strategi yang tepat untuk diterapkan adalah Customer Intimacy dimana pada jenis strategi ini Bank Kaltim Cabang Tana Paserdifokuskan pada pendekatan terhadap nasabah.
References
Nugrahani, T., 2012, Penerapan value Disciplines Dalam Mempertahankan Market Leader BRI. Tesis. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Saputro, Rahadian A., 2010, Pengujian strategi value disciplines pada PT Pagilaran. Tesis. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Setiawan, D., 2015. Strategi PT. Pertaga Untuk Menjadi Pemimpin Pasar Industri Gas Nasional. Tesis. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Treacy, M. & Wiersma, F., 2007, The Discipline of Market Leaders: Choose Your Customers, Narrow Your Focus, Dominate Your Market, Hachetee UK.
Vliet, van Vincent. 2013. Value Disciplines.https://www.toolshero.com/strategy/value-disciplines-treacy-wiersema. (diakses tanggal 2 Juni 2017).
Ward. J. & Peppard, J., 2016, The Strategic Managementof Information Systems:Building a Digital Strategy, John Willey & Sons.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article