IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY

Authors

  • Bagus Satria Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Prihandoko Prihandoko Universitas AMIKOM Yogyakarta

Keywords:

augmented reality, marker based tracking

Abstract

Saat ini media yang digunakan dalam pembelajaran bangun ruang hanya berupa papan tulis ataupun buku cetak sehingga sisi bagian dalam dan belakang dari bagian tersebut tidak terlihat. Biasanya guru menggunakan alat peraga untuk memvisualisasikan bagun ruang tersebut, namun siswa harus bergantian untuk bisa melihat secara dekat bangun ruang tersebut, karena tidak memungkinkan tiap siswa mendapat semua jenis alat peraga dengan banyaknya jenis bangun ruang.Untuk memenuhi tuntutan tersebut dibutuhkan aplikasi yang dapat menampilkan bentuk bangun ruang 3 dimensi agar siswa dapat memahami bentuk dari masing-masing bangun ruang. Aplikasi Bangun Ruang berbasis augmented reality adalah aplikasi multimedia yang menggabungkan data grafis bentuk bangun ruang 3 dimensi dengan media buku. Penelitian ini akan mengimplementasikan metode marker based tracking pada aplikasi pembalajaran bangun ruang berbasis augmented reality. Dengan adanya perpaduan teknologi modern yaitu visualisasi 3D dalam hal ini penulis menggunakan Augmented Reality, maka bangun ruang yang akan diajarkan guru kepada siswa akan terasa lebih menarik dan membuat siswa dapat memahami bentuk dan rumus-rumus dari bangun ruang tersebut.

References

Apriyan, M. E., Huda, M., Prasetyaningsih, S., Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah, Jurnal Infotel, Vol. 8 No.1, Mei 2016.

Azuma, R.T. 2014. A Survey Of Augmented Reality : Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories.

Buchori, A., Setyosari, P., Dasna, I. W.,Ulfa, S., 2017, Mobile Augmented Reality Media Design with Waterfall Model for Learning Geometry in College, International Journal of Applied Engineering Research, Vol.12, No.13, 2017.

Chari, Singh J.M. dan Narayanan P.J. 2008. Augmented reality using over-segmentation. Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology.

Christoper. 2012, Markerless Augmented Reality for Panoramic Sequences : School of Information Technology and Engineering Faculty of Engineering University of Ottawa Canada.

Dedynggego, Mohammad, Affan, M., Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira, Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, Vol.1, No.2, Desember 2015

Djumanta, Wahyudin. 2008, Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk SMP/MTS Kelas IX. Departemen Pendidikan Nasional.

Lailiyah, S., Andrea, R. and Yustina, M.D. 2016. MEMBANGUN VISUALISASI 3D GEDUNG STMIK WIDYA CIPTA DHARMA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA BROSUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU. Jurnal Sebatik. 15, 1 (Jan. 2016), 7-11.

Setyawan, R. A., Dzikri, A., Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Music Tradisional Jawa Tengah, Jurnal SIMETRIS, Vol.7 No.1, April 2016, ISSN: 2252-4983

Wiradarma, I. G. G. R.,, Darmawiguna, I. G. M., Sunarya, I. M. G., Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Balinese Story “I Gede Basur”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 6, Nomor 1, Maret 2017.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

Satria, B. and Prihandoko, P. (2018) “IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY”, Sebatik, 19(1), pp. 1–5. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/88 (Accessed: 29 March 2024).

Issue

Section

Articles