DATA MINING PEMBERIAN REWARD PADA KARYAWAN UPI CONVENTION GROUP MENGGUNAKAN NEAREST NEIGHBOR

  • Eka Praja Wiyata Mandala Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Muhammad Ridwan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Dewi Eka Putri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: data mining, nearest neighbor, reward, karyawan, web

Abstract

Reward bisa diartikan sebagai penghargaan atau hadiah, merupakan sesuatu yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dengan tujuan agar karyawan menjadi senang, bisa lebih giat bekerja, semangat dalam melakukan pekerjaan dan bisa lebih rajin dalam bekerja. Bisa dikatakan reward bisa menjadi salah satu bentuk motivasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. UPI Convention Group merupakan salah satu bentuk bisnis dalam hal penyedia gedung dan fasilitas untuk kegiatan seperti pernikahan, seminar dan berbagai pertemuan lainnya. UPI Convention Group membawahi dua gedung yaitu UPI Convention Center dan UPI Exhibition Hall. Sangat banyaknya kegiatan yang dilakukan membuat banyaknya karyawan yang dibutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk setiap kegiatan. Selain mempunyai karyawan tetap, UPI Convention Group juga biasanya menerima siswa dari SMK untuk magang dan ditugaskan untuk membantu acara pernikahan yang dilakukan di gedung tersebut. Karena banyaknya karyawan, maka diperlukan sebuah sistem penunjang untuk pemberian reward. Sistem dikembangkan dengan pendekatan data mining dengan menggunakan metode nearest neighbor untuk mendapatkan nilai similarity ksus baru dengan kasus sebelumnya. Hasil penelitian ini adalah aplikasi data mining yang diimplementasikan menggunakan media web.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhamayanti, D. (2018). Penentuan Pemberian Reward Bagi Karyawan Berprestasi Di Lingkungan Universitas Indo Global Mandiri Dengan Algoritma C45. Jurnal Informatika Global, 9(1).
Kusrini, E. T. L. (2009). Algoritma Data Mining. In Data Mining.
Mandala, E. P. W. (2015). Web Programing, Project 1 EPWM Forum. Yogyakarta: Andi.
Mandala, E. P. W., Ridwan, M., & Putri, D. E. (2019). Data Mining Penilaian Kinerja Karyawan UPI Convention Group Menggunakan Bayesian Classifier. Sebatik, 23(1), 53–57.
Manullang, M., & Manullang, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bpfe.
Muktiadi, R., & Kusumadewi, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Tindakan Preventif Untuk Daerah Dengan Kejadian Luar Biasa Penyakit Di Kabupaten Banyumas. Juita: Jurnal Informatika, 6(1), 45–52.
Mulyadi, J. S. (2001). Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Aditya Media.
Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Ridwan, M. (2018). Analisis Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Pada Upi Convention Center Padang. Ekobistek UPI" YPTK" Padang, 6(1).
Sari, D. P., Rinawati, D. I., Arvianto, A., & Mujur, M. (2014). Perancangan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Dan Pemberian Reward Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Fuzzy Synthetic Decision Approach (Studi Kasus: Karyawan Administrasi Universitas Diponegoro). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 9(3), 181–186.
Susilo, A. A. T., & Putri, M. A. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward Kepada Karyawan Bandar Udara Silampari Lubuklinggau Menggunakan Metode Composite Performance Index (CPI). Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 105–116.
Published
2020-06-07
How to Cite
Mandala, E. P. W., Ridwan, M. and Putri, D. E. (2020) “DATA MINING PEMBERIAN REWARD PADA KARYAWAN UPI CONVENTION GROUP MENGGUNAKAN NEAREST NEIGHBOR”, Sebatik, 24(1), pp. 37-44. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.881.
Section
Articles