MEMBANGUN EDUGAME “BONI KIDS – BORNEO ANIMAL KIDS” PERMAINAN MATCH-UP DENGAN TEKNIK PENGACAKAN SHUFFLE DAN PENGEMBANGAN AGEN CERDAS DENGAN MODEL FINITE STATE MACHINE (FSM)
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v19i1.89Keywords:
Boni Kids, match-up, edugame, shuffle random, FSMAbstract
Penelitian membangun Edugame "Boni Kids - Borneo Animal Kids" merupakan penelitian pengembangan permainan berjenis Match-Up Game yang dirancang untuk mengasah daya ingat. Dalam permainan ini pemain harus mencocokkan 2 gambar hewan-hewan khas Kalimantan yang sama, pemain harus mengingat posisi gambar yang akan dicocokkan. Algoritma pengacakan shuffle diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi gambar selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan. Teknologi AI (kecerdasan buatan) juga diterapkan pada penelitian ini. Menggunakan metode model Finite State Machine (FSM), permainan yang dibangun akan memiliki karakter game agent yang akan mendampingi anak bermain layaknya guru.
References
Andrea, R. 2015. Teknik Pengacakan Arena Permainan “Find Me! – Bumi Etam” dengan Teknik Shuffle Random. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Kompututer. 23 September 2015, Padang, Indonesia. Hal. 823-827.
Andrea, R. 2015. Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up “Find me!–Bumi Etam”. Semnasteknomedia Online, 3(1), pp.5-7.
Andrea, R., Akbar, R.I. and Fitroni, M. 2014. Developing Battle Of Etam Earth Game Agent With Finite State Machine (FSM) And Sugeno Fuzzy. ICCS Proceeding, 1(1), pp.184-187.
Hurd, D dan Jenuings, E. (2009). Standardized Educational Games Ratings: Suggested Criteria. Longman. London.Kyaw, A.S. Peters, C. and Swe, T.N. (2013). Unity 4.x Game AI Programming. Packt Publishing Ltd.Birmingham.
Poole, D.L. and Mackworth, A.K. (2010). Artificial Intelligence Foundations of Computational Agents. Cambridge University Press. New York.
Russell, S. J. and Norvig, P. (2011). Artificial Intelligence A Modern Approach Third Edition. Pearson Education, Inc. United States of America.
Pressman, Roger, S, (2010), Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Andi
Setiawati. (2008). Education Games. Proumedia. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article