MEMBANGUN EDUGAME “BONI KIDS – BORNEO ANIMAL KIDS” PERMAINAN MATCH-UP DENGAN TEKNIK PENGACAKAN SHUFFLE DAN PENGEMBANGAN AGEN CERDAS DENGAN MODEL FINITE STATE MACHINE (FSM)

Authors

Keywords:

Boni Kids, match-up, edugame, shuffle random, FSM

Abstract

Penelitian membangun Edugame "Boni Kids - Borneo Animal Kids" merupakan penelitian pengembangan permainan berjenis Match-Up Game yang dirancang untuk mengasah daya ingat. Dalam permainan ini pemain harus mencocokkan 2 gambar hewan-hewan khas Kalimantan yang sama, pemain harus mengingat posisi gambar yang akan dicocokkan. Algoritma pengacakan shuffle diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi gambar selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan. Teknologi AI (kecerdasan buatan) juga diterapkan pada penelitian ini. Menggunakan metode model Finite State Machine (FSM), permainan yang dibangun akan memiliki karakter game agent yang akan mendampingi anak bermain layaknya guru.

References

Andrea, R. 2013. Teknik Pengacakan Posisi Objek “Find Me! - The Game”, Prosiding SeNAIK, pp. 157-159. Samarinda. Unmul Press.

Andrea, R. 2015. Teknik Pengacakan Arena Permainan “Find Me! – Bumi Etam” dengan Teknik Shuffle Random. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Kompututer. 23 September 2015, Padang, Indonesia. Hal. 823-827.

Andrea, R. 2015. Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up “Find me!–Bumi Etam”. Semnasteknomedia Online, 3(1), pp.5-7.

Andrea, R., Akbar, R.I. and Fitroni, M. 2014. Developing Battle Of Etam Earth Game Agent With Finite State Machine (FSM) And Sugeno Fuzzy. ICCS Proceeding, 1(1), pp.184-187.

Hurd, D dan Jenuings, E. (2009). Standardized Educational Games Ratings: Suggested Criteria. Longman. London.Kyaw, A.S. Peters, C. and Swe, T.N. (2013). Unity 4.x Game AI Programming. Packt Publishing Ltd.Birmingham.

Poole, D.L. and Mackworth, A.K. (2010). Artificial Intelligence Foundations of Computational Agents. Cambridge University Press. New York.

Russell, S. J. and Norvig, P. (2011). Artificial Intelligence A Modern Approach Third Edition. Pearson Education, Inc. United States of America.

Pressman, Roger, S, (2010), Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Andi

Setiawati. (2008). Education Games. Proumedia. Jakarta.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

Andrea, R. and Palupi, S. (2018) “MEMBANGUN EDUGAME ‘BONI KIDS – BORNEO ANIMAL KIDS’ PERMAINAN MATCH-UP DENGAN TEKNIK PENGACAKAN SHUFFLE DAN PENGEMBANGAN AGEN CERDAS DENGAN MODEL FINITE STATE MACHINE (FSM)”, Sebatik, 19(1), pp. 6–10. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/89 (Accessed: 29 March 2024).

Issue

Section

Articles