PELATIHAN PENGELOLAAN PONDOK WISATA BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DESA PELA, KECAMATAN KOTA BANGUN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

  • I Wayan Sudarmayasa Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda
  • I Wayan Lanang Nala Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda
  • Said Keliwar Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: :Pelatihan, Pengelolaan, Pondok wisata, Kelompok, Sadar wisata

Abstract

Kelompok Sadar wisata adalah ujung tombak dari berkembangnya prospek serta keberlangsungan kepariwisataan di suatu wilayah destinasi wisata di Indonesia. Untuk mendukung keberadaan dari keberlangsungan destinasi di desa wisata, diperlukan adanya pendampingan dari instansi, dinas atau elemen yang terkait dengan kepariwisataan secara berkelanjutan. Desa Pela adalah salah satu wilayah yang berada di kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara yang memiliki kelompok Sadar Wisata. Untuk itulah tujuan dari pengabdian pelatihan pengelolaan pondok wisata ini adalah melatih para anggota kelompok sadar wisata yang memiliki pondok wisata mengerti, memahami, serta bisa menerima tamu dengan baik, sopan dan penuh keramahan ketika menginap di rumah mereka. Metode dalam pelatihan ini, masyarakat kelompok sadar wisata diberikan pemahaman akan aturan yang ada dalam pondok wisata, teori tentang pemahaman pondok wisata serta mempraktikkan secara langsung cara pengelolaan pondok wisata yang baik dan benar. Dengan pelatihan ini nantinya diharapkan masyarakat kelompok Sadar Wisata Desa Pela bisa menerima tamu di rumah mereka dengan ramah, baik, sopan santun yang tinggi, melakukan pelayanan yang ramah  setiap kali ketika diperlukan sehingga meninggalkan kesan yang baik bagi wisatawan yang menginap di rumah mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji. 2020. “Bangun Wisata Desa Dengan Pokdarwis, Terbukti!” www.berdesa.com. http://www.berdesa.com/bangun-wisata-desa-pokdarwis-terbukti/ (January 8, 2020).
Alimin. 2019. “Tentang Homestay Desa Pela Kota Bangun.”
Anon. 2018. “Arti_dan_pentingnya_pelatihan_dan_pengembangan.” www.academia.edu/30582140/.
Arumanto. 2011. “Desa Pela Kembangkan Industri Kreatif Enceng Gondok.” ANTARA KALTIM. https://kaltim.antaranews.com/nasional/berita/921348/desa-pela-kembangkan-industri-kreatif-enceng-gondok?utm_source=antaranews&utm_medium=nasional&utm_campaign=antaranews (March 22, 2020).“Arti_dan_pentingnya_pelatihan_dan_pengembangan.” 2018. www.academia.edu/30582140/. https://www.academia.edu/30582140/Arti_dan_pentingnya_pelatihan_dan_pengembangan (January 30, 2020).
Mandala, I, P, S., 2016. “Fasilitas Penunjang Alam Di Cluster Di Destinasi Abang Airawang Kintamani Bangli.” Universitas Udayana.
Menteri Desa, pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2015. Indonesia. https://ppid.kominfo.go.id/regulasi/peraturan-dana-desa/.
MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA. 2015. PERATURAN MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA Nomor 4 Tahun 2015. INDONESIA. https://ppid.kominfo.go.id/regulasi/peraturan-dana-desa/.



Pariwisata, Menteri. 2014. Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Tentang Standar Usaha Pondok Wisata Nomor 9 Tahun 2014. Indonesia.
Sudarmayasa, I. W., Noor, M. F., & Uhai, S. (2019). Standarisasi Produk Rumah Makan Khas Samarinda Di Kota Samarinda. Sebatik, 23(2), 633-640.
Supyan, N., 2018. Data Penduduk Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Desa Pela, Kec. Kota Bangun Kutai Kartanegara.
Suyitno, A., Syacharini, Iswinanto. 2016. “WWF Lanskap Hulu Mahakam Selenggarakan Survei Dan Monitoring Pesut Mahakam (Orcaella Brevirostris).”www.wwf.or.id. https://www.wwf.or.id/?53463/WWF-Indonesia-Lanskap Hulu-Mahakam-Selenggarakan-Survei-Dan-Monitoring Pesut-Mahakam-Orcaella-brevirostris (March 22, 2020).
TIM PENYUSUN Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. 2018. PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT EDISI XIITAHUN 2018. XII. Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat,Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan PengembanganKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Utama, I. G. B. R., & SE, M. 2015. Pengantar Industri Pariwisata. Deepublish.
Utama, I. G. B. R., & Junaedi, I. W. R. 2018. “Program Kemitraan Masyarakat Desa Wisata Blimbingsari Melaya ,Jembrana Bali.” Jurnal Paradharma 2 2: 67–74.
Wiguna, I. M. A., Adhika, I. M., & Arida, I. N. S. Usaha Pondok Wisata Sebagai Pendukung Pariwisata Budaya Berkelanjutan Di Desa Wisata Ubud. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 227-240.
Yans/sul/humasprovkaltim). 2018. “Homestay Penunjang Pengembangan Desa Wisata.” Pemerintah Propinsi Kaltim. https://kaltimprov.go.id/berita/homestay-penunjang-pengembangan-desa-wisata (March 3, 2020).
Yuliawan, Rizqi, M., 2020. “Melihat Lebih Dekat Pesut Mahakam Di Desa Pela Kutai Kartanegara.” POSKALTIM. https://poskaltim.com/melihat-lebih-dekat-pesut-mahakam-di-desa-pela-kutai-kartanegara/(January 8, 2020).
Published
2020-06-19
How to Cite
Sudarmayasa, I., Nala, I. and Keliwar, S. (2020) “PELATIHAN PENGELOLAAN PONDOK WISATA BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DESA PELA, KECAMATAN KOTA BANGUN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA”, Sebatik, 24(1), pp. 51-58. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.903.
Section
Articles