PEMETAAN SOSIAL SEBARAN KRIMINALITAS DI KOTA SAMARINDA BERBASIS SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

  • Indah Fitri Astuti Universitas Mulawarman
  • Ekky Fardinan Universitas Mulawarman
  • Addy Suyatno Universitas Mulawarman
Keywords: Kriminalitas, Pemetaan, Sebaran, Sistem Informasi Geografis, Single Exponential Smoothing

Abstract

Kriminalitas adalah bentuk perbuatan sosial yang melanggar norma hukum yang berkaitan dengan perbuatan merampas hak milik orang lain, mengganggu ketertiban masyarakat, dan pembunuhan satu maupun sekelompok orang. Tindak kriminalitas terjadi karena adanya kepincangan sosial, kebencian, tekanan mental, ataupun perubahan l ingkungan yang terjadi di masyarakat. Samarinda merupakan salah satu kota terpadat di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki rentetan kasus kriminalitas yang sangat tinggi menurut Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor Kota Samarinda dan tercatat 2.783 laporan kriminal terjadi pada tahun 2016. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah, menyimpan, mengumpulkan, menimbun, dan mengambil kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi peta Samarinda dengan informasi sebaran daerah perseberan kriminal agar dapat menjadi peringatan bagi para penduduk maupun pendatang tentang daerah rawan, daerah berbahaya, maupun daerah yang jarang terjadi kriminalitas.

Studi ini menggunakan metode Single Exponential Smoothing yang merupakan salah satu metode peramalan kuantitatif dengan menambahkan parameter α dalam modelnya untuk mengurangi faktor acak dalam menghitung data akan datang berdasarkan perhitungan data sebelumnya. Hasil yang dicapai dari penelitian ini menerapkan metode peramalan dalam SIG yang dapat memberikan informasi mengenai kriminalitas yang ada di 10 Kecamatan Kota Samarinda sebagai acuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bahaya kriminalitas di Kota Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maslichah, S., 2012, Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Timbulnya Tindakan Kriminal, Surabaya:Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nugroho, B., 2008, Panduan Lengkap Menguasai Perintah SQL, Jakarta:MediaKita.

Robi’in, B., 2008, Sistem Informasi Geografis Sumber Daya Alam Indonesia Berbasis Web. Yogyakarta: Jurnal Informatika, Vol 2, No. 2, Juli 2008.

Utami, I., 2015, Analisis Pengendalian Persediaan Produk Dengan Metode EOQM Menggunakan Algoritma Genetika untuk Mengefisienkan Biaya Persediaan Hasil Peramalan Berbasis Exponential Smoothing, Samarinda:Universitas Mulawarman.
Published
2018-01-01
How to Cite
Astuti, I. F., Fardinan, E. and Suyatno, A. (2018) “PEMETAAN SOSIAL SEBARAN KRIMINALITAS DI KOTA SAMARINDA BERBASIS SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS”, Sebatik, 19(1), pp. 21-27. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/91 (Accessed: 19April2021).
Section
Articles