PENGARUH KOMPETENSI DIMODERASI OLEH TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Maulana Ali Universitas Tamansiswa Palembang

Keywords:

Kinerja Pelayanan, Kompetensi, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Pelayanan publik menjadi fokus pembicaraan di era keterbukaan saat ini, khususnya dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan ingin melihat pengaruh kompetensi dengan dimoderasi oleh penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap kinerja pelayanan pada kantor pelayanan publik di Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 lembaga usaha yang menerima pelayanan dari kantor pelayanan publik di kota Palembang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner yang berisi tanggapan dari responden. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas; selanjutnya dilakukan uji kelayakan model berdasarkan nilai Goodness of Fit (GoF);  Uji Hipotesis untuk menguji pengaruh kompetensi dengan moderasi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap kinerja pelayanan kantor publik di Kota Palembang dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 20.0.. Hasil dari pengujian ini menunjukkan aspek kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 0,81 terhadap kinerja pelayanan dan semakin menguat pengaruhnya jika dimoderasi oleh penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi sebesar 0,91.

References

Susanto, A 2013. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Sembilan. Yogyakarta: ANDI.
Bucur, I. 2013. Managerial core competencies as predictors of managerial performance, on Diff erent Levels of Management. Procedia – Social and Behavioural Science, 78: 365–369.
Ghozali, I., 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hertati, L. 2015. Competence of Human Resources, The Benefits of Information Technology on Value of Financial Reporting in Indonesia. Research Journal of Finance and Accounting. Vol.6, No.8.
Luftman, J., Zadeh, H. S., Derksen, B., Santana, M., Rigoni, E. H., & Huang, Z. 2012. Key information technology and management issues 2011–2012: An international study. Journal of Information Technology. 28. 198–212. 10.1057/jit.2013.22.
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Cetakan kedua, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Muzakki, M. H., Susilo, H., & Yuniarto, S. R. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. TELKOM Pusat Divisi Regional V Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 39 No.2 Oktober
Nasution, R, J. 2017. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 21 No. 1, : 30-42 Juni 2017.
Oguce, D (2017). Impact of Information and Communication Technology (ICT) Literacy competence on Job Performance of Librarians in Federal University Libraries in Nigeria. The Information Technologist Vol 13. No.1 June.
Psychologymania. 2012. “pengertian kualitas pelayanan publik”dalam http://www.psychologymania.com/2012/12/pengertian-kualitas-pelayanan-publik.html ( 21/11/13)
Ryding, D. 2010. The impact of new technologies on customer satisfaction and business to business customer relationships: Evidence from the soft drinks industry. Journal of Retailing and Consumer Services. 17. 224-228. 10.1016/j.jretconser.2010.03.008
Sujadi, P.S. 2010. Definisi Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Eria, S. Dkk. 2014. Pengaruh Information Technology Relatedness Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Knowledge Management Capability Sebagai Variabel Intervening (Penelitian Terhadap Perusahaan Perbankan Di Kota Pekanbaru) JOM FEKON Vol. 1 No.2 Oktober
Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Kencana
Sutabri, T. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi
Fahlefi, Z. 2014. Penerapan Teknologi Informasi Bagi Pelaksanaan Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada BP2TSP Kota Samarinda) Jurnal Paradigma, Vol.3 No.2, Agustus 2014. ISSN: 2252-4266
Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Kebijakan Publik.

Published

2020-06-18

How to Cite

Ali, M. (2020) “PENGARUH KOMPETENSI DIMODERASI OLEH TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK”, Sebatik, 24(1), pp. 81–86. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/918 (Accessed: 23 November 2024).

Issue

Section

Articles